Tesla Akan Rilis Sedan Listrik Model 3 Pada Akhir Maret 2016

635
Produsen mobil listrik Tesla akan merilis sedan listrik model 3 pada akhir Maret 2016. Inset : SUV Model X pabrikan Tesla Motors asal Amerika Serikat. (teslamotors.com)

Produsen mobil listrik Tesla motors asal Amerika Serikat akan merilis kendaraan Tesla Model 3 pada 31 Maret 2016, dengan harga sekitar US$ 35.000,- atau setara dengan Rp. 472 juta.  Melansir Bloomberg, Kamis (17/3/2016), Tesla akan meluncurkan sejenis sedan Model 3 pada 31 Maret mendatang.

CEO Elon Musk sebelumnya mengatakan: “Model 3 paling cepat pada 2017 mendatang baru bisa dipasarkan.” Namun, jika Tesla benar-benar merilis sedan Model 3 pada akhir Maret 2016, ini berarti progress dari Tesla jauh lebih cepat daripada yang dibayangkan investor.

Mengutip laman Bloomberg, bagi Tesla sendiri, peran dari sedan Model 3 ini sangat penting. Karena selama ini, Model S adalah satu-satunya model kendaraan Tesla, yang dinobatkan sebagai “Car of the Year 2013”. Rencana ini diperkuat dengan adanya gambar penggoda (teaser) yang memperlihatkan bentuk mobil tersebut.

Gambar penggoda itu resmi dikeluarkan oleh produsen automotif Tesla Motors. Teasermemperlihatkan tiga produk, Tesla Model S, Model X, serta Model 3 secara sejajar. Meski demikian, produk baru tersebut terlihat hanya diberi warna hitam serta tidak terlihat detailnya.

Tesla Model 3 dirancang sebagai sedan dengan harga terjangkau untuk segmen entry-level. Mobil ini diinformasikan mengikuti jejak mobil listrik Tesla Model S yang memiliki desain stylish. Kendaraan Model 3 diluncurkan ke pasar dengan harga terjangkau dan produksi massal, yang ditargetkan sebagai sejenis mobil listrik publik yang mampu dibeli masyarakat. Jika Model 3 ini sukses, itu berarti akan ada lebih banyak orang yang bisa mengendarai mobil listrik Tesla.

Rencana awal dari serah terima Model X sebelumnya dijadwalkan akhir 2014, namun ditunda hingga kuartal ketiga 2015. SUV model X mungkin merupakan mobil yang paling sulit dibuat di dunia, namun, berkaca dari pengalaman sebelumnya, Tesla kini lebih berhati-hati dalam setiap tindakan, dan diharapkan Model 3 bisa secepatnya diluncurkan ke pasar, kata CEO Tesla Elon Musk.

Musk sebelumnya mengatakan, dari sisi ukuran atau bodi, Model 3 terlihat seperti Audi A4, 20% lebih kecil dari Model S, adalah sebuah sedan kecil yang bisa disandingkan dengan sedan BMW seri-3. Konferensi pers tentang mobil baru Tesla akan diselenggarakan di Tesla Design Studio di Hawthorne pada 31 Maret, dan diperkirakan kurang dari 800 tamu akan diundang untuk berpartisipasi, termasuk 650 kursi yang dicadangkan untuk pemilik tesla dan tamu mereka.

Untuk memilikinya, konsumen bisa melakukan pemesanan via online yang dapat dilakukan mulai 1 April. Tesla Motors sendiri masih menyembunyikan informasi terkait spesifikasi Model 3. Mereka hanya mengklaim sedan listrik terbarunya itu akan memiliki daya jelajah sejauh 321 kilometer. Sementara harga jual yang ditawarkan mencapai 35 ribu atau sekitar Rp. 472 juta. (Jhon/asr)