Erabaru.net. Zhiming adalah seorang mahasiswa, dia sangat berbakat dalam menulis dan pintar.

Pada satu kesempatan, dosen menyuruhnya untuk menulis disertasi mewakili sekolah untuk berpartisipasi dalam perlombaan, dia juga tertarik dan menyetujui ide dosennya.

Setelah satu setengah bulan, melihat batas waktu penyerahan disertasi hanya tinggal dua hari, dosennya bertanya apakah dia telah selesai menulis, Zhiming mengatakan dia tidak bisa menulis, dan menyuruh dosennya mencari mahasiswa lain untuk berpartisipasi dalam perlombaan untuk menggantikannya.

Dosennya setelah mendengarkan penjelasannya, dengan tegas mengatakan kepadanya: “Disertasi kamu adalah satu-satunya disertasi dari seluruh sekolah yang mengikuti perlombaan tersebut, jika tidak menyerahkan saya tidak bisa bertanggung jawab kepada rektor, dan rektor tidak bisa bertanggung jawan kepada Departemen Pendidikan.

Hal ini berhubungan dengan reputasi sekolah ini, Anda sendiri yang memutuskan mau menulis atau tidak.”

Pada saat ini Zhiming baru mengetahui keseriusan masalah ini, dia menjadi sangat tegang, sehingga dengan sepenuh hati mengejar untuk menulis, dan akhirnya pada menit terakhir dapat menyerahkan disertasinya.

Kemudian hasil kompetisi diumumkan, disertasinya menjadi juara pertama.

Manusia biasanya mencari yang paling gampang, banyak hal yang bukan karena kita tidak bisa melakukan, tetapi karena kita tidak memiliki lingkungan yang merangsang, sehingga orang biasanya pada saat yang krisis dapat melakukan hal-hal yang biasa tidak dapat dilakukannya.

Lakukanlah semua hal dengan keseriusan dan sepenuh hati, maka hidup kita akan menjadi lebih baik.

Share
Kategori: Uncategorized

Video Popular