Sebuah foto telah muncul yang menunjukkan makhluk langka dan mematikan bersembunyi di depan mata.

Foto tersebut diambil di Maitland, utara Sydney, dan diposting ke media sosial oleh Leanne Cook yang mendesak teman-temannya untuk mencoba menemukan hewan Australia cerdik yang tersembunyi itu.

Foto binatang yang begitu pintar menyamarkan diri, dengan begitu banyak orang yang berjalan di dekatnya tidak menyadari seberapa dekat mereka dalam bahaya.

Bahkan dalam kenyataannya ia juga sangat pintar menyesuaikan diri dengan lingkungan semak-semak disekitarnya sehingga seseorang yang melewatinya bisa diserang dengan konsekuensi yang mematikan.

Daily Mail Australia (22/03) telah mengkonfirmasi makhluk yang tersembunyi dalam foto tersebut adalah ular Banded Stephen.

Ular Banded Stephen, ular berbahaya
Ular Banded Stephen adalah pakar bersembunyi di depan mata, ular pohon langka dan mematikan.

Menurut Billie Weir spesialis racun Museum Australia Selatan, ular tersebut adalah spesies yang rentan, mudah emosi dan menyerang. Sebuah gigitan dari ular itu dapat mematikan jika tidak diobati, spesies yang dikenal sebagai “ready biters”.

“Racun itu menghasilkan enzim protrombinase tinggi, yang memicu produksi enzim trombin dalam darah, yang mempengaruhi cara pembekuan darah dalam tubuh. Gigitan dari ular ini kurang kuat dibandingkan ular cokelat “kata Ms Weir.

Orang digigit ular ini perlu segera diobati.

Pada 10 Maret 2013 seorang pria berusia 60-an meninggal dari gigitan ular Banded Stephen tujuh hari setelah ia digigit. Menurut “Coffs Coast Advokat”, pria tersebut bernama Bradley Hicks, terdampar di air banjir dan tidak dapat melakukan perawatan medis pada saat gigitan.

Pada foto langka tersebut ular terjepit di antara kulit pohon dengan kepala lebarnya rata pada kayu dan menyamarkan tubuh panjangnya dengan warna kulit pohon.

Mereka biasanya terkenal dengan menyembunyikan dirinya di bawah kulit pohon agar tidak tampak dari pandangan.

Ular berkisar dalam warna dari abu-abu dan krem sampai hitam dan coklat. Mereka dikenal suka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di pohon-pohon dan pada kenyataannya wilayah mereka dapat mencakup hingga 30 pohon.

Ular Banded Stephen adalah spesies yang rentan, mudah menyerang,  terdapat di beberapa bagian New South Wales dan Gold Coast Hinterland. Mereka dapat tumbuh hingga 1,2 meter panjangnya dan melahirkan hingga 9 anak per induk. (ran)

Share

Video Popular