Armstrong Phaeton 1896 Merupakan Mobil Hybrid Tertua

426
kereta Armstrong Phaeton 1896
Armstrong Phaeton 1896 mungkin menjadi yang pertama kendaraan gas-listrik di dunia. (Foto: Bonhams)

Toyota Prius telah memulai era mobil hybrid modern ketika memulai debutnya di Jepang pada tahun 1997, namun itu jauh dari sesuah kendaraan hybrid pertama.

Ferdinand Porsche sebenarnya telah merancang mobil-mobil listrik dan hybrid dengan dasar kereta Wina ciptaan Jacob Lohner dan perusahaan, mulai tahun 1898.

Akan tetapi ada kendaraan lain yang bahkan mendahului upaya itu.

Ia adalah mobil hybrid Armstrong Phaeton 1896, yang muncul kembali di lelang mobil Bonhams selama Amelia Island Concours d’Elegance baru-baru ini, dan mungkin hybrid pertama di dunia.

Kereta tanpa kuda hybrid dirancang oleh Harry E. Dey, dan dibangun oleh perusahaan Armstrong Manufacturing Company of Bridgeport, Connecticut, menurut sebuah posting blog Hemmings merinci mobil tersebut.

Dey adalah seorang pendorong mobil listrik, dan menghasilkan satu desain pada tahun 1895, yang mendapatkan perhatian dari Rogers Teknik Carriage Company.

Rogers mengimpor mobil-mobil dari Perancis dan ingin desain rakitan sendiri dalam negeri, tapi tidak menerima semua mobil listrik karena kekhawatiran pada keterbatasan jangkauan.

Maka Dey merancang sistem hybridnya, yang mencakup mesin bensin twin-boxer 6.5-liter dan roda gaya. Roda gaya tersebut berfungsi sebagai motor listrik ketika mobil sedang berjalan, mengambil daya dari aki-aki baterai. Tetapi juga bisa membantu menghidupkan mobil, fitur yang luar biasa di era “engkol tangan”.

Hal ini juga berfungsi sebagai generator, pengisian ulang baterai, pusat kekuatan aksesoris-aksesoris seperti lampu, dan bahkan menyediakan tingkat pengereman regeneratif. roda gaya tersebut bahkan dilaporkan cukup kuat untuk daya laju kereta itu sendiri untuk jarak dekat.

Armstrong dikontrak untuk membangun prototype tersebut, yang muncul sebagai isu 1896 pada majalah “Horseless Age” (mungkin “Motor Trend” pada saat ini). Rogers membentuk perusahaan “Amerika Horseless Carriage Company” untuk memasarkan mobil tersebut, namun tidah bertahan hingga akhir 1896.

Armstrong mengambil hak asuh prototype tersebut, dan meletakkannya di sudut pabrik sampai tahun 1963. Ia kemudian dipindahkan ke beberapa tangan kolektor dan akhirnya dikembalikan.

Ia terjual seharga $483.400 pada saat lelang Bonhams Amelia Island – tidak buruk untuk sebuah mesin yang tidak begitu jelas.

Beberapa orang mungkin telah mendengar tentang hal itu, tapi semua pengemudi hybrid saat ini mungkin berutang pada Harry E. Dey dan mobilnya jadi pujaan. (ran)