Oleh CNA Seoul

Militer Korea Selatan telah membentuk sebuah pasukan elite yang terdiri dari 3000 orang anggota marinir yang khusus dilatih untuk menggempur Korea Utara dalam waktu 24 jam. Dikeluarkannya pengumuman ini berkaitan dengan adanya peningkatan kekuatan militer Korea Utara di pesisir dan perbatasan juga ancaman Kim Jong-un sebelumnya yang akan melakukan serangan terlebih dahulu dalam upaya untuk menekan penyerang.

Daily Telegraph Inggris memberitakan, pasukan elite tersebut diberi nama Spartan 3000, mampu mencapai setiap tempat di Semenanjung Korea dalam waktu 24 jam untuk melaksanakan tugas-tugas yang diembankan kepada mereka. Pasukan elite tersebut juga termasuk bagian dari 300 ribuan pasukan Korsel yang dilibatkan dalam latihan militer bersama AS pada bulan ini.

Menurut Yonhap bahwa tugas utama Spartan 3.000 ini adalah untuk menyusup dan menghancurkan fasilitas inti dari militer Korut. Namun mereka juga dilatih kemampuan untuk menangani bencana dalam situasi damai.

Seorang pejabat militer berwenang kepada Yonhap mengatakan bahwa unit tingkat batalion membutuhkan 24 jam untuk mencapai tempat dan melaksanakan tugas yang dibebankan kepada mereka, untuk unit tingkat resimen, bisa membutuhkan waktu sampai 48 jam.

“Tetapi unit yang baru dibentuk ini mampu mempersingkat waktu hingga kurang dari 24 jam sesuai standar militer internasional,” katanya.

Pembentukan Spartan 3.000 oleh militer Korsel ini mungkin saja sebagai respon atas dirilisnya video Korut yang menggambarkan kunjungan Kim Jong-un saat meninjau sebuah latihan militer di daerah pesisir. Di mana terlihat sejumlah peluncur roket dan peralatan militer lainnya yang sengaja diarahkan ke Korea Selatan. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular