Oleh: Zhang Dun

Sejak Dua Sidang Pleno Tahunan dari “Kongres Rakyat Nasional & Lokal dan Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok” yang berlangsung bersamaan di Beijing (Lianghui) pada medio Maret lalu, gerakan “memukul harimau” dari kubu Xi Jinping dipercepat, sudah ada puluhan pejabat Partai Komunis Tiongkok/ PKT yang dilengserkan, termasuk Wang Min dan Wang Yang (王陽) geng Liaoning faksi Jiang. Bersamaan itu, kubu Ganyang Jiang seperti Zhu Rongji (mantan PM 1998-2003), putra Hu Jintao, Wen Jiabao (mantan PM 2002-2012) dan cucu Deng Xiaoping, mereka belakangan ini kerap “tampil” di media.

Kubu Ganyang Jiang “Tampil” secara kolektif

Setelah Lianghui PKT berakhir pada 16 Maret, banyak sekali tokoh kelas atas senior atau keluarga mereka yang berseteru dengan mantan pemimpin PKT Jiang Zemin, kerap sekali “menampilkan diri” dengan high-profile di mass media.

Setelah dikonfirmasi oleh media daratan pada 18 Maret bahwa Lin Jiandong walikota Jiaxing telah dipindahkan ke Departemen Pertanian Provinsi menjabat sebagai Skretaris Partai, kemudian menurut media Hong Kong yang mendapatkan informasi mengatakan bahwa Hu Haifeng yang berada pada urutan ketiga dalam Komite Kota Jiaxing akan ditugaskan sebagai walikota Jiaxing.

Hu Haifeng adalah putra dari mantan presiden PKT Hu Jintao (2002-2012). Hu Jintao selamanya bermusuhan dengan Jiang Zemin, dimasa Hu Jintao menjabat sebagai presiden, Jiang Zemin bukan hanya memanfaatkan senior PKT binaannya ditempatkan di posisi penting untuk mengintervensi dan menandingi kekuasaan Hu Jintao dan Wen Jiabao. Ia juga mencoba membunuh Hu Jintao beberapa kali namun tidak berhasil. Dimasa Hu Jintao masih berkuasa. Ia telah menangkap dua orang anggota Politbiro faksi Jiang yakni Chen Liangyu dan Bo Xilai.

Pada 17 Maret media daratan mengungkapkan bahwa Forum Perencanaan Pariwisata yang diselenggarakan di kabupaten Pingguo pada 15 Maret lalu. Deng Zhuodi menghadiri forum itu dengan status sebagai “wakil skretaris komite kabupaten” dan “sekretaris komite partai kota Xinan”, berada di urutan ketiga dalam jajaran eksekutif kabupaten Pingguo.

Perlu diketahui Deng Zhuodi adalah cucu satu-satunya almarhum pemimpin senior Deng Xiaoping. Walaupun Jiang Zemin diangkat oleh Deng Xiaoping, namun setelah Jiang naik tahta dengan ikut ambil bagian dalam penindasan peristiwa “4 Juni Tianmen”, ia menjalankan politik konservatif, menggerakkan aksi anti liberalisasi borjuis, menolak menjalankan kebijakan “reformasi dan keterbukaan” dari Deng Xiaoping.

Deng terpaksa melakukan tur (berkampanye) ke wilayah Selatan Tiongkok pada 1992 dan mengeluarkan ultimatum kepada Jiang bahwa “Siapa yang menolak reformasi akan dilengserkan.” Kemudian, Jiang buru-buru hendak membereskan anak-anak dari keluarga Deng disaat Deng Xiaoping masih sekarat, berkat kenekatan Zhuolin istri Deng Xiaoping yang mengancam bunuh diri baru bisa menyelamatkan sang putra yang bernama Deng Zhifang.

Pada 17 Maret, acara perpisahan mantan Eksekutif Badan Perencanaan Ekonomi Jepang yang diselenggarakan di sebuah hotel di Tokyo. Kantor berita Jepang Kyodo mengutip sumber di Jepang mengungkapkan bahwa mantan Perdana Menteri PKT, Zhu Rongji mengirimkan ucapan duka cita kepada Miyazaki Isamu.

“South China Morning Post” Hong Kong melaporkan bahwa mantan pemimpin PKT yang sudah pensiun, mengirimkan ucapan belasungkawa pada mantan anggota kabinet Jepang boleh dikatakan sangat jarang terjadi. Terutama disaat hubungan antara RRT-Jepang sedang berada pada titik terendah. Laporan mengutip analisa sumber-sumber yang berhubungan dengan diplomatik PKT mengatakan bahwa ucapan belasungkawa seperti itu seharusnya sudah direstui secara kolektif tingkat tinggi Beijing.

Menurut berita, perseteruan Zhu Rongji dengan Jiang Zemin dimulai sejak Jiang memerintah Shanghai. Setelah Zhu Rongji menjabat sebagai Perdana Menteri, ia dituduh sebagai tokoh representatif yang melawan Jiang Zemin. Setelah kasus Yuanhua Xiamen meletus, karena ada banyak tokoh inti faksi Jiang seperti Jia Yanan, sekretaris Jiang Zemin serta sekretaris komite provinsi Fujian Jia Qinglin yang terlibat kasus Yuanhua maka ketika Zhu Rongji ingin memeriksa secara tuntas kasus tersebut dengan mengekstradisi Lai Changxing untuk diadili di Tiongkok, namun dihalangi oleh Jiang Zemin.

Pada 16 Maret, di hari Lianghui PKT berakhir, PM Li Keqiang mengadakan konferensi pers keempat dalam masa jabatannya. Media daratan mengadakan inventarisasi  konferensi pers yang pernah dilakukan oleh para Perdana Menteri PKT termasuk Zhu Rongji, Wen Jiabao dan Li Keqiang. Diantaranya menyebutkan bahwa konferensi pers yang diadakan oleh Wen Jiabao adalah yang paling mendapatkan perhatian dari dunia luar kala itu.

Wen Jiabao mengkritik habis petinggi faksi Jiang, Bo Xilai pada konferensi pers Lianghui pada 2012, dan menuntut Komite kota Chongqing dan pemerintah kota yang sedang menjabat harus merenungkan kembali serta mengambil pelajaran secara serius dari kasus Wang Lijun. Satu hari setelah itu yakni pada 15 Maret, Bo Xilai dilengserkan dari jabatannya sebagai Sekretaris (dibaca: pemimpin) kota megapolitan Chongqing.

“Memukul harimau” dari Kubu Xi Jinping dipercepat temponya

Bersamaan dengan penampilan kolektif kubu Ganyang Jiang, gerakan anti korupsi “memukul harimau” pemerintah Xi Jinping juga tidak berhenti malahan cenderung dipercepat.

Pada 4 Maret dimasa Lianghui PKT sedang berjalan, Wang Min wakil ketua Pendidikan Budaya Sains dan Komite Kesehatan Kongres Rakyat Nasional PKT ke 12, mantan Sekretaris Partai provinsi Liaoning dibawa untuk diperiksa. Pada hari penutupan Lianghui, Wang Yang, wakil ketua Komite Tetap Kongres Rakyat provinsi Liaoning diduga “melanggar disiplin serius” juga diperiksa.

Provinsi Liaoning selama ini telah menjadi sarang besar dari faksi Jiang. Para mantan pejabat tinggi faksi Jiang yakni: Li Changchun, Zhou Yongkang, Bo Xilai, Xu Caihou, Wang Min dan yang lain, mereka berturut-turut bercokol di provinsi Liaoning, Li Changchun, Zhou Yongkang, Bo Xilai, Xu Caihou mereka semua adalah orang kepercayaan mantan gembong PKT Jiang Zemin.

Komentar menyebutkan bahwa setelah Komite Disiplin Pusat melakukan “serangan balik” ke provinsi Liaoning, banyak “harimau” dari “Geng Liaoning” telah dipecat, hal ini menunjukkan bahwa kobaran api anti korupsi akan “membakar” Geng Liaoning beserta bekingnya yakni Jiang Zemin.

Komentator politik Li Linyi menyatakan bahwa pasca Lianghui PKT, para anggota keluarga dari kubu Ganyang Jiang yakni Zhu Rongji, Hu Jintao, Wen Jiabao dan keluarga Deng Xiaoping, atau yang bersangkutan sendiri tampil dengan high profile, terutama perihal mengungkap konferensi pers Wen Jiabao pada 2012, semuanya itu dimaksudkan dalam rangka berhadapan langsung dengan faksi Jiang, hal itu menjelaskan bahwa trend perkembangan pertarungan sengit antara kubu Xi Jinping dan Jiang Zemin, bakal berakhir dengan kepastian Jiang akan ditangkap. (lin/whs/rmat)

Share

Video Popular