Kehidupan modern sering mengakibatkan kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk lantaran stres. Situs Healthypanda melaporkan para ahli telah memilih 5 tanaman yang bisa membantu tidur pulas, dapat menyerap asap, membersihkan udara dalam ruangan, memberikan rasa segar dan meredakan ketegangan, sehingga meningkatkan hubungan interpersonal.

Melati

Melati menyukai udara hangat dan lembab, tapi yang terbaik adalah tempatkan di tempat berventilasi dan di bawah lingkungan setengah teduh, maka itu ia sangat cocok untuk penanaman dalam ruangan. Peneliti dari Wheeling Jesuit University Amerika Serikat membuktikan efektivitas tanaman melati termasuk: mengurangi kecemasan, meningkatkan suasana hati, dan kualitas tidur yang lebih baik. Terutama bunga yang berbentuk terompet sangat wangi, dibandingkan dengan tanaman pot yang lain lebih mudah tumbuh. Tanaman pot melati suka dipupuk, asalkan pemeliharaan pemangkasan yang tepat, dalam setahun ia dapat berbunga 3 kali (di daerah tropis berbunga sepanjang tahun).

Lavender

Aroma Lavender terasa menyegarkan, Memiliki efek menenangkan, dan dapat membantu menyembuhkan insomnia dan galau. Dia digunakan sebagai bahan baku pewangi untuk membuat sabun, pewangi pakaian dan shampo, juga dapat dijadikan bahan makanan. Kuncup dan bunga Lavender yang berbau wangi dikeringkan dan disegel dalam tempat kering, dapat dijadikan pewangi, ditempatkan di pintu atau lemari, selain harum. juga anti ngengat. Bunga Lavender dapat diekstraksi menjadi minyak esensial Lavender. Ditanam di pot di tempat teduh, setelah musim gugur dipangkas dan diganti potnya, penanaman kembali, kemudian ditambahkan media tanam, di tahun depan akan tumbuh lebih subur.

Lidah Mertua (Sansevieria)

Sansevieria, juga dikenal sebagai Lidah mertua karena bentuk daunnya yang runcing. Sesuai referensi dari NASA, ia merupakan pembersih udara alami yang dapat menyerap gas berbahaya di udara, “benzena”, “formaldehida” dan “TCE”. Bila ditempatkan di kamar tidur dapat meningkatkan kemurnian oksigen. Lidah Mertua (Sansevieria) adalah tanaman indah yang sangat umum ditanam sebagai tanaman hias, tanaman pot atau sangat cocok dijadikan sebagai tanaman pagar penghijauan. Penelitian telah menunjukkan bahwa kemampuan untuk menyerap CO-2 dan melepaskan oksigen, Sansevieria 30 kali lebih tinggi dari tanaman rata-rata, meskipun di malam hari juga dapat melepaskan oksigen.

Lidah Buaya

Lidah buaya dapat ditanam sebagai tanaman pot di dalam ruangan, dapat memurnikan udara, dapat membantu menghilangkan bahan kimia berbahaya di udara. Ketika zat berbahaya terkonsentrasi tinggi di dalam ruangan, maka ia akan menghasilkan bintik-bintik coklat pada permukaannya, itu mengingatkan Anda akan situasi udara yang buruk. Daun Aloe setelah dikupas terdapat “Aloe Vera Gel” yang dapat dimakan. Lidah buaya adalah obat luka luar alami, dapat meredakan peradangan, bekas luka dan luka bakar pada kulit. Kulit Lidah buaya mengandung gel lidah buaya berwarna kuning yang terdapat diantara daging dan daun lidah buaya, dengan komponen utama aloin. Zat Aloin itu berguna untuk obat diare / bahan pencahar.

Kacapiring

Kaca piring berbau harum, disebut pula “gardenia jasminoides” yang berarti “seperti melati,” walaupun tidak ada hubungannya dengan marga Jasminum (Melati). Kaca Piring memiliki khasiat menurunkan panas dalam dan melancarkan buang air kecil, serta berefek menidurkan. Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa tikus ditempatkan di bawah lingkungan tanaman itu, tikus secara bertahap akan bersantai dan duduk di sudut, aktivitasnya berkurang secara signifi kan. (Epochtimes/Hui/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular