Erabaru.net. Goji berry atau buah berry tumbuhan yang berasal dari Tiongkok merupakan bahan obat-obatan dan suplemen yang sangat berharga.

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin goji berry ini sebagai makanan kesehatan selain jujube yang sering kita konsumsi sebagai makanan untuk perawatan kesehatan.

Asal tahu saja, khasiat goji berry berlipat ganda apabila dipadukan secara pas dengan bahan makanan lainnya.

Terapi dietetik perawatan kesehatan dari goji berry 

1. Goji berry + lengkeng (longan)

Khasiat : Apabila diminum secara teratur, bermanfat bagi kesehatan dan umur panjang, menguatkan energi vital, menambah dan memperlancar peredaran darah.

Bahan : Goji berry, isi (daging) lengkeng masing-masing 20 gr, 50 gr kismis, 20 gr madu, nanas 200 gr.

Cara membuat : Cuci bersih goji berry, lengkeng, kismis, nanas ; masukkan ke mangkok, tambahkan madu dan air secukupnya, kemudian kukus sekitar 20 menit, siap dihidangkan.

2. Goji berry + jujube

Khasiat: Membuat rona wajah tampak berseri kemerahan, menambah darah dan menguatkan energi vital.

Selain itu juga bermanfaat untuk kecantikan, kulit putih lembut dan bercahaya.

Rendam bersamaan goji berry dan jujube, kemudian minum, cara membuatnya sangat mudah dan sederhana.

Bagi komunitas pekerja kantor yang sibuk, tidak peduli begadang hingga larut malam, cukup minum sedikit saja minuman yang disebutkan ini, raut wajah Anda tetap akan tampak berseri pada hari berikutnya.

Bagi kaum wanita yang bermasalah dengan tidur, sering buang air kecil dan fisik lemah, rona wajah akan tampak bercahaya dan jauh lebih muda juga bermanfaat bagi kesehatan apabila sering minum racikan campuran dari goji berry dan jujube ini.

Bahan : Jujube 10 gr, goji berry 8 gr.

Cara membuat : Masukkan jujube ke dalam panci dan tumis dengan api sedang sekitar 10 menit sampai warna kulit jujube perlahan-lahan berubah menjadi gelap, setelah itu, angkat dan tuangkan ke piring, tunggu dingin dan siap diolah.

Masukkan jujube yang telah dingin itu bersama dengan goji berry ke dalam wadah (teko) the, tambahkan gula batu secukupnya, kemudian tambahkan air panas, jumlah gula bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Tutup rapat teko dengan penutupnya, diamkan sekitar 5 menit dan siap disajikan bila sudah tercium aromanya. Jika jujube kelebihan atau ada sisa, Anda bisa masukkan ke dalam wadah dan tutup rapat untuk diolah lain kali.

3. Goji berry + telur ayam

Khasiat : Bagi lansia atau mereka yang berusia parobaya boleh sering-sering makan tim/kukus telur campur wolfberry, dapat memperlambat penuaan pada penglihatan, dan mencegah presbiopi (mata jauh karena usia lanjut)

Bahan : Goji berry 20 gr, 2 butir telur.

Cara membuat : Cuci bersih goji berry, masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan telur ke dalam mangkuk, aduk rata, kukus hingga matang, siap disajikan.

Cara makan pada musim yang tidak sama, khasiatnya berlipat ganda

1. Musim semi minum teh goji berry dan jujube yang dikombinasikan dengan astragalus

Di musim semi, segala makhluk mengalami resusitasi atau pemulihan, energi vital dalam tubuh berangsur-angsur naik.

Goji berry rasanya manis dan menguatkan fisik, baik diminum tersendiri di musim semi, juga baik diminum bersama dengan makanan bersifat hangat dengan rasa manis, dapat membantu menguatkan energi vital dalam tubuh, misalnya astragalus yang memiliki rasa manis alami, bisa mengaktifkan peredaran darah, merawat kecantikan dan menghaluskan kulit, menguatkan fisik, mempercepat metabolisme gula dan penguraian lemak.

2. Musim panas minum teh goji berry dengan paduan bunga krisan

Di musim panas, biasanya orang-orang yang gemar minum teh selalu menyajikannya untuk menghilangkan panas.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya buah goji berry rasanya manis, jika dikombinasikan dengan krisan, honeysuckle ((Kamperfuli Jepang), teh hijau, serasa melegakan hati dan nyaman usai minum.

Apalagi jika dipadukan dengan krisan, bisa menguatkan energi vital mempertajam penglihatan, menenangkan emosional.

3. Musim gugur minum teh goji berry dengan paduan buah berry hawthorn

Udara biasanya kering saat memasuki musim gugur, orang-orang umumnya selalu merasa haus dan bibir pecah-pecah, kulit kusam dan kendur, dan meskipun memakai banyak pelembab kulit juga sulit ‘tuk menahan angin musim gugur yang mendesau.

Saat musim seperti ini, perlu konsumsi makanan yang dipadukan dengan makanan pelembab, misalnya pear, fritillaria, lilium (tanaman bakung), polygonatum, akan lebih berkhasiat.

Tentu saja, bisa juga dipadukan dengan sejumlah makanan asam, seperti hawthorn atau jenis makanan asam lainnya, untuk mencapai efek “pemeliharaan energi vital dari paduan aroma asam dan manis”.

4. Musim dingin konsumsi goji berry yang dikombinasikan dengan Chinese yam (sejenis keladi khas Tiongkok)

Pada musim dingin, orang-orang membungkus dirinya dengan mantel yang tebal-tebal untuk membantu energi vitalnya menghalau hawa dingin yang menusuk.

Saat musim seperti ini, goji berry dapat membantu menguatkan energi vital dalam tubuh, konsumsi setiap hari, terutama dipadukan dengan jujube, lengkeng, Chinese yam dan sebagainya.

Paduan dari makanan-makanan ini dapat membantu menguatkan energi vital dalam tubuh, dan menghalau hawa dingin alam yang serasa menusuk tulang.

Cara memilih goji berry

1. Melihat warna

Warna goji berry yang tidak terlalu terang, bagian yang dipetik itu berwarna putih, namun, jika berwarna merah itu pertanda pernah dicelup dengan pewarna, goji berry yang bagus umumnnya berwaran merah gelap, besar kecilnya seragam, jika tampak kristalisasi yang mengkilap di permukaannya itu sebaiknya jangan dibeli, karena telah direndam dengan tawas.

Goji berry alami pada umumnya berwarna kuning atau putih pada tampuk buahnya, sementara goji berry yang direndam dengan pewarna itu terlihat berwarna merah pada tampuk buah, dan terlihat berwarna cokelat gelap apabila dibakar/panggang dengan sulfur.

2. Membaui aromanya

Ambil segenggam goji berry dan baui sejenak aromanya dari jarak dekat, jika tidak tercium aroma pedas dan menusuk hidung, berarti kadar sulfur yang digunakan tidak berlebihan.

Sekadar catatan, goji berry yang diperjual-belikan di pasar pada umumnya itu sebagian besar merupakan goji berry yang diasapi dengan sulfur.

Oleh karena itu, aromanya tajam dan menusuk hidung.

3. Rendam dalam air

Ambil beberapa buah goji berry, rendam dalam air hangat, apabila goji berry itu seketika tenggelam ke dalam air, membuktikan itu bukan goji berry yang bagus, goji berry yang bagus umumnya baru akan tenggelam ke dalam air beberapa menit kemudian setelah menyerap air.

Karena goji berry yang telah dicelup dengan pewarna itu sangat takut dengan air, jadi disarankan sebaiknya rendam dulu beberapa buah goji berry sebelum membelinya, atau bisa juga dengan sengaja membasahi tangan Anda lalu menggosok-gosoknya, jika warnanya memudar, itu berarti goji berry yang ingin Anda beli itu menggunakan pewarna.

4. Tidak lengket ketika diraba atau dipegang

Ambil segenggam goji berry, coba raba atau pegang/tekan sejenak, apabila tidak lengket dan tidak ada gumpalan yang kentara, itu adalah goji berry yang bagus.

Tidak terasa licin, dan diantaranya ada yang mengkerut, artinya goji berry itu layak dibeli. Selain itu, bisa juga coba ditekan sejenak, jika menempel di tangan, membuktikan goji berry itu tidak bagus, dan akan rusak beberapa hari kemudian setelah Anda bawa pulang. Jika goji berry itu menyebar merata, menandakan goji berry itu bagus dan layak dibeli.

5. Dikupas atau dibelah

Ambil sebutir goji berry, kemudian kupas dan amati sejenak, jika terlihat banyak bijinya, itu adalah goji berry musim gugur, bukan berarti goji berrynya tidak bagus, tapi goji berry musim gugur banyak bijinya, dimana secara relatif nilai dan khasiat obatnya agak lemah bagi goji berry musim panas.

Jika ingin mengamatinya dengan lebih cermat, coba Anda belah sebutir goji berry, kemudian lihat sejenak ketebalan atau ketipisan kulit dari goji berry itu, jika tipis kulitnya, berarti goji berry itu bagus.

6. Mencicipi

Ambil sebutir goji berry dan masukkan ke dalam mulut, lalu rasakan sejenak, jika manis dan tidak pahit, itu berarti goji berry yang bagus.

Sementara goji berry yang terasa mengandung alkohol itu sudah membusuk, tidak laik makan. goji berry yang jarang bijinya dan mudah dikunyah, menandakan itu adalah goji berry musim panas.

Catatan :

Berapa banyak idealnya konsusmi goji berry per hari ?

Goji berry, meskipun memiliki efek terapi dan berkhasiat sebagai suplemen yang baik. namun, dihimbau suplemen apa pun itu sebaiknya jangan berlebihan.

Secara umum, orang dewasa yang sehat, idealnya cukup konsumsi sekitar 20 gr goji berry sehari. (Secretchina/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: Headline KESEHATAN

Video Popular