Erabaru.net. Menjadi orangtua adalah sebuah berkah dan kebahagiaan yang penuh dengan segudang tanggungjawab.

Sebagai orangtua, Anda juga hendaknya dapat membuat peraturan sederhana dalam keluarga, juga dapat menjaga keseimbangan antara menjadi orangtua yang baik dan sebagai teman baik bagi anak.

Juga harus memastikan untuk mengajar anak semua aspek kehidupan, dengan cara yang baik yang mudah dimengerti anak, serta dilengkapi dengan cinta, kasih sayang.

Namun, beberapa orang tua sering melupakan kebutuhan utama dari anak-anaknya, dan lebih memberatkan perannya sebagai orangtua secara berlebihan, sehingga akan mendapat kesan yang buruk dari anaknya.

Berikut, beberapa hal yang harus dihindari untuk menjadi orangtua.

Kecewa pada anak

Ada orangtua yang tidak menganggap upaya dan kerja keras anak dan mereka dan mengabaikannya.

Apa pun hasilnya, Anda harus mendorong anak Anda, sehingga dia merasa dihargai, dan akhirnya akan berusaha lebih giat untuk mengapai yang lebih baik.

Membatasi mereka

Banyak orangtua yang tidak mengizinkan anak-anak mereka untuk bermain dengan anak-anak yang lain, tidak membolehkan mereka untuk merasakan makanan yang mereka sukai, dan lainya.

Biarkan anak Anda menemukan keindahan dari segala sesuatu, sehingga ia bisa membedakan antara hal-hal yang baik dan buruk. Ingat bahwa alam adalah guru terbaik.

Tidak pernah meminta pendapat anak

Memanjakan anak-anak Anda dalam pekerjaan sehari-hari dan meminta pendapat mereka tentang berbagai hal yang terjadi di dalam rumah.

Beberapa orangtua berpikir bahwa itu adalah lelucon untuk meminta pendapat dari anak-anak mereka, karena mereka terlalu muda untuk memutuskan.

Tapi, meminta pendapat mereka akan membuat mereka merasa bahwa mereka benar-benar penting dan juga akan membangun rasa tanggungjawab di dalamnya.

Tidak berteman degan anak

Menjadi orang tua tidak berarti bahwa Anda harus ketat sepanjang waktu dengan anak-anak Anda.

Berbicara dengan anak-anak Anda seperti bagaimana Anda berbicara dengan teman-teman masa kecil Anda.

Ini akan membantu anak Anda untuk membangun kepercayaan pada orangtuanya.

Anda bahkan dapat mendiskusikan masalah Anda dengan mereka dan, yang mengejutkan, Anda akan mendapatkan solusi yang lebih baik untuk masalah Anda.

Memarahi anak

Beberapa orangtua suka memarahi anak-anak mereka, mereka berpikir bahwa jika tidak maka mereka akan cenderung ke jalan yang salah.

Tapi yang terjadi adalah sebaliknya. Jangan pernah sering memarahi anak Anda, maka batas-batas hormat anak akan hilang pada orangtuanya.

Selalu mengkritik anak

Banyak oran tua gemar menertawakan serta mempermalukan kekurangan dari anak-anak mereka sendiri.

Mereka mengira anak-anaknya tidak akan mengerti arti dari lelucon yang sedang mereka lakukan.

Ini akan berdampak buruk bagi perkembangan otak, mental dan jiwa anak, sehingga anak akan merasa trauma, takut, malu dan enggan untuk berbagi pendapat dengan orang tuanya, hingga mereka tumbuh dewasa nantinya.

Bertengkar di depan anak

Pertengkaran di depan anak-anak adalah tidak dibenarkan. Anak Anda memiliki pikiran yang halus dan meskipun Anda adalah pasangan yang bahagia, anak Anda akan mendapatkan kesan dari orangtuanya adalah kekerasan dan kemudian kekerasan akan menjadi bagian dari hidupnya ketika ia tumbuh dewasa.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular