Xi Jinping bersama rombongan tiba di Republik Ceko pada Senin (28/3/2016) untuk memulai kunjungan kenegaraan selama 3 hari. Hubungan ekonomi dan perdagangan bilateral dianggap sebagai fokus utama perjalanan ini.

Xi Jinping menjadi kepala negara Tiongkok pertama yang berkunjung ke Republik Ceko selama lebih dari setengah abad terakhir. Selama di Ceko, Xi Jinping akan berbicara dengan Presiden Ceko Milos Zerman menyangkut peningkatan hubungan bilateral, kerjasama ekonomi dan perdagangan antara Tiongkok dengan Ceko juga negara-negara Eropa Timur lainnya.

Sejak memenangkan pemilu 2013, Presiden Zeman sangat aktif dalam mempromosikan hubungan bilateral dengan Tiongkok dan Rusia. Meskipun menurut konstitusi, pejabat negara yang bertanggung jawab untuk kebijakan luar negeri seharusnya adalah perdana menteri, bukan presiden.

Selama kunjungan tersebut, kedua belah pihak akan menandatangani perjanjian investasi perusahaan Tiongkok di Ceko. Wartawan BBC di Praha, Rob Cameron mengutip ucapan Presiden Zeman menyebutkan bahwa Tiongkok berencana untuk menanamkan lagi sekitar USD. 2 miliar dana di Ceko. Tiongkok saat ini adalah mitra dagang terbesar ketiga bagi Ceko yang memiliki jumlah transaksi perdagangan tahunan sampai USD. 21 miliar.

Menurut jadwal, Xi akan bertemu Zeman di istana musim panas Lany yang terletak di timur kota Praha. Di sana pula Xi akan tinggal selama kunjungan.

Hari Selasa, Xi Jinping secara terpisah akan bertema dengan pemimpin parlemen dan anggota kabinet Zeman termasuk walikota Praha. Xi Jinping dan rombongan dijadwalkan untuk menghadiri 2 forum investor, Rabu (30/3/2016). Artikel tulisan Xi Jinping yang sudah dialihbahsakan baru-baru ini dimuat di media mainstream Ceko ‘Pravo’.

Selesai kunjungan ini, Presiden Xi Jinping akan melakukan perjalanan ke Amerika untuk menghadiri KTT Keamanan Nuklir Keempat di Washington. Xi akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Obama untuk membahas berbagai masalah nuklir termasuk yang berkaitan dengan nuklir Korea Utara. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular