Baru-baru ini sebuah Bank di kota Shaoxing, Zhejiang Tiongkok, menemukan selembar uang kertas  bernominal RMB 100 edisi baru keluaran 2015 yang palsu. Menurut laporan bahwa uang kertas dengan nominal RMB 100 palsu buatan Korea Utara yang sudah banyak diedarkan di Tiongkok ini memiliki tingkat kemiripan yang tinggi, sulit dikenali dengan mata telanjang maupun detektor komersial pada umumnya.

Stasiun TV Tiongkok CCTV pada Senin (28/3/2016) memberitakan bahwa seorang kasir Bank yang berlokasi di kota Shaoxing, Zhejiang menemukan selembar uang kertas bernominal RMB 100 palsu lewat alat detektor uang, saat ia sedang melakukan pemeriksaan terhadap keaslian uang kertas setoran seorang nasabahnya yang berjumlah RMB 19.000. Uang kertas itu berserial nomor QA36414810.

Lembaran kertas tersebut lebih tipis dan licin daripada aslinya, sehingga sudah dapat dipastikan bahwa uang itu bukan asli. Ini adalah pertama kalinya media Tiongkok melaporkan adanya temuan uang seratus Renminbi edisi baru yang dipalsukan.

Media ‘Chosun Ilbo’ mengutip media Tiongkok menyebutkan, uang kertas 100 Renminbi edisi tahun 2015 palsu buatan Korea Utara yang sudah banyak beredar itu mungkin saja dibawa masuk ke Tiongkok oleh para turis, pedagang dan lainnya melalui perbatasan. Dilaporkan pula bahwa, teknik pembuatannya sudah tinggi sehingga sangat mirip dengan yang asli.

Dilaporkan bahwa, selain uang kertas Renminbi, Korea Utara juga memalsukan uang kertas Yen Jepang. Media Tiongkok melaporkan, sejak tahun 2011, kantor kepolisian di beberapa daerah dari kota Dalian, propinsi Mongolia Dalam melalui situs resmi telah mengumumkan adanya penemuan sejumlah besar uang Renminbi palsu buatan Korea Utara.

Situs itu menyebutkan bahwa, uang palsu buatan Korea Utara itu berbeda dengan yang buatan Taiwan. Buatan Korut lebih mirip dan tidak mudah untuk diidentifikasi oleh mesin detektor uang juga mata telanjang. Bahkan bisa disetorkan ke Bank melalui beberapa mesin ATM mereka. (Sinatra/rmat)

Share

Video Popular