Serai adalah tanaman serbaguna yang banyak manfaat. Dapat sebagai bumbu, tanaman hias, teh atau minyak esensial. Serai memiliki rasa jeruk dan aroma ringan. Serai juga meningkatkan rasa pada makanan. Serai secara tradisional digunakan untuk tujuan pengobatan dan terapi.

Serai merupakan sumber yang baik dari vitamin A, vitamin C, asam folat, magnesium, seng, tembaga, besi, kalium, fosfor, kalsium dan mangan. Ia memiliki sifat obat yang mencakup analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, anti-kanker dan anti jamur antibakteri. Karena manfaat yang luas pada kesehatan, serai idealnya termasuk dalam diet harian untuk mendapatkan semua sifat-sifat luar biasa yang ditawarkan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa dari serai.

Meningkatkan suasana hati

Serai adalah antidepresan dan memiliki efek semangat pada suasana hati. Itu karena serai menyebarkan aroma serotonin di otak yang akan meningkatkan suasana hati. Menurut penelitian, serai bersifat menenangkan dan membantu dalam mengurangi kecemasan, dengan demikian meningkatkan mood.

Mengobati flu

serai dapat digunakan untuk membersihkan hidung yang tersumbat dan sesak di dada. Hal ini juga dapat membuat napas menjadi ringan dan vitamin C juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Mengendalikan kolesterol dan tekanan darah

Senyawa yang hadir dalam serai, dapat menghambat penumpukan lemak dalam tubuh Anda. Dengan menurunkan kolesterol, juga mencegah timbulnya gangguan di arteri penyebab penyumbatan dan serangan jantung.

Kesehatan otak

Serai bertindak sebagai relaksasi. Mengobati insomnia, meningkatkan konsentrasi, mempertahankan daya ingat (memori) bagi orang yang sering mengonsumsinya. Juga memberikan efek yang menenangkan dan menstabilkan sistem saraf.

Menyehatkan sistem pencernaan

Serai dapat membantu untuk mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit. Selain itu, juga dapat membersihkan dan menenangkan usus, saluran kemih serta meningkatkan kesehatn siatem pencernaan Anda secara keseluruhan.(Anai)

Share
Tag: Kategori: Headline KESEHATAN

Video Popular