Kulit kepala yang sehat adalah kunci rambut halus, lembut dan bercahaya. Kebiasaan hidup yang buruk, gizi yang tidak seimbang, stres dan lain lain dapat mengacaukan sekresi kulit kepala, mengakibatkan ketombe, kulit kepala terlalu peka, rambut rontok, rambut bercabang, patah dan masalah-masalah lain.

Bila ingin memiliki rambut indah berkilau, selain perlu merawat dan memelihara rambut, jangan mengabaikan perawatan kulit kepala. Gizi yang seimbang merupakan faktor kunci untuk memelihara kesehatan kulit kepala.

Vitamin-vitamin yang diperlukan untuk mengatasi krisis di kepala :

Vitamin A

Dapat mempertahankan fungsi normal lapisan kulit ari, dapat mencegah kerontokan, namun penggunaan yang berlebihan juga dapat mengakibatkan rambut rontok (penggunaan vitamin D secara berlebihan juga dapat berakibat rambut rontok).

Vitamin B kompleks

Dapat memperbaiki metabolisme kulit kepala, dan memelihara warna dan kecerahan rambut. Di antaranya vitamin B1, B6 dan B12 mempuyai fungsi mengatur fungsi syaraf, dapat mengurangi rambut rontok yang diakibatkan oleh stres, biotin dapat membantu pertumbuhan kulit kepala bahkan memperkuat ikatan terhadap akar rambut, juga dapat mencegah kerontokan rambut, pantothenic acid dapat memperbaiki kualitas rambut, mencegah rambut bercabang, membuat rambut lembut dan bercahaya.

Vitamin C

Dapat membantu akar rambut menyerap zat gizi dalam darah.

Vitamin E

Dapat memperbaiki sirkulasi darah, bila kekurangan vitamin E akan mengakibatkan rambut menjadi kering dan layu menguning.

Orang yang dirisaukan oleh ketombe, dianjurkan mengonsumsi vitamin B6 dan B12. Orang yang rambutnya kering, rambut mudah terbelah (bercabang), banyak mengonsumsi vitamin B kompleks dan vitamin E. Mereka yang mengalami masalah rambut rontok, “krisis kepalanya” dapat ditolong dengan vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin C. (Epochtimes/Prm)

Share

Video Popular