Bretagne, begitu pangilan seekor anjing Golden Retriever yang pernah bertugas sebagai pencari dan penyelamat korban dalam serangan 9/11 World Trade Center di New York, yang masih tersisa hidup hingga kini. Sedangkan Abby, anjing blasteran Border Collie, dia berhasil mendeteksi adanya kebocoran karbon monoksida di rumahnya yang tidak diketahui oleh majikannya dan menyelamatkan mereka dari keracunan gas tersebut. Liberty, seekor anjing Golden Retriever yang luar biasa, telah terlatih untuk mendeteksi emosi orang dan menanggapinya dengan cara yang penuh kasih, membantu banyak orang melalui masa-masa sulitnya.

Jesse Vasquez adalah seorang yang ahli tentang anjing dan menjadi pengga¬gas kampanye “Anjing yang Mengubah Dunia”, yang juga disponsori oleh perusahaan Milk-Bone dan Canine Assistants, yakni sebuah organisasi yang melatih anjing terapi.

“Saya pikir terkadang anjing bisa merasakan hal-hal yang belum kita rasakan, baik itu berupa kecemasan, atau rasa takut, atau bahkan kebahagiaan,” kata Jesse. “Namun untuk memanfaatkannya atau untuk membuatnya lebih banyak berfungsi… [kita bisa] mengambil keterampilan bawaan anjing yang luar biasa itu, dan kemudian melatihnya hingga hampir menyerupai pahlawan super.”

Beberapa anjing pahlawan yang terpilih adalah anjing yang khusus untuk melayani, akan tetapi ada beberapa yang seperti Abby, anjing peliharaan keluarga biasa yang telah melakukan hal luar biasa.

Keluarga tersebut merasa tidak enak badan, meskipun demikan mereka berpikir itu hanyalah gejala flu biasa. Namun Abby terus saja bertingkah aneh, dan mencoba mendapatkan perhatian mereka dan mengajak pergi menuju ruang bawah tanah. Anjing itu tetap bersikeras menarik perhatian tuannya, pada akhirnya Nicole mengikuti anjing peliharaannya dan berhasil mengetahui adanya kebocoran karbon monoksida di ruang bawah tanah.

Demikian pula dengan seekor anjing bassett yang bernama Wrangler, ia memberikan sinyal kepada tuannya bahwa terjadi kebakaran listrik sebelum keluarga itu menyadari, sehingga memungkinkan mereka pergi menyelamatkan diri pada saat yang tepat.

Anjing juga bisa mendeteksi kejang sebelum terjadi, kadar gula darah rendah pada penderita diabetes, dan tanda-tanda peringatan dini lainnya yang berkaitan dengan penyakit, sehingga membuat mereka menjadi hewan layanan yang ideal.

Sebagai contoh Liberty, ia dapat mendeteksi serangan penyakit bahkan sebelum orang-orang mengalaminya. Dia juga mengingatkan orang untuk masuk ke posisi aman atau mendapatkan bantuan. Tapi dia juga bisa mendeteksi ketika seseorang takut atau bahagia dan dia akan bereaksi sesuai dengan cara terbaik yang akan membantu orang tersebut; dia bisa menjadi tenang dan manja atau riang dan menyenangkan, tergantung pada apa yang terbaik bagi teman manusianya.

Canine Assistants memiliki pendekatan unik yang penuh kasih untuk pelatihan anjing layanan seperti Liberty.

Jennifer Arnold, pendiri organisasi tersebut, mulai menggunakan teknik pelatihan yang berbasis kekuatan standar. Dia memutuskan untuk mulai menggunakan pendekatan yang ramah dan membangun ikatan kasih dengan anjing, yang ia disebut dasar ikatan-mengajar pilihan. Dia menyaksikan hasil yang luar biasa.

Kisah pribadi Arnold adalah salah satu perwujudan dari ketekunan dan berpikir positif.

Dia didiagnosis dengan multiple sclerosis saat masih remaja. Ayahnya telah mendengar tentang anjing layanan bagi penderita kursi roda, tapi ia tidak bisa menemukannya tersedia di Georgia, kota di mana mereka tinggal pada saat itu.

Dia mendorong Arnold untuk memulai pelatihan anjing, memberikan sebuah fokus positif “tidak terlepas dari penyakitnya, tetapi karena itu”, seperti yang tertulis di situs Dogs Who Changed the World.

Saat akan memulai rencana mendirikan Canine Assistants, ayahnya meninggal akibat dipukul dan dibunuh oleh seorang pengemudi mabuk. Namun mimpinya tidak mati akibat kematian sang ayah, ia dan ibunya bekerja keras untuk mendirikan organisasi pada tahun 1991.

“Semua anjing kami, hewan peliharaan keluarga kami, memilikinya di dalamnya,” kata Vasquez. “Anjing adalah makhluk luar biasa. Anda [seharusnya] jangan pernah meremehkan anjing Anda. Mencintai mereka dengan sepenuh hati, karena mereka akan mencintai Anda juga dan Anda tidak pernah tahu hal luar biasa apa yang akan mereka lakukan bagi Anda dan keluarga Anda.” (Epochtimes/Ajg/Yant)

Share
Tag: Kategori: MISTERI SERBA SERBI

Video Popular