Oleh : Jennifer Dubowsky

Tui Na (baca twee nah ) adalah pijat ala Asia yang memerlukan teknik khusus yang telah dipraktekkan di Tiongkok selama berabad-abad lamanya dan dikenal sebagai cara pijat tertua. Seperti bentuk pengobatan tiongkok lainnya, teknik Tui Na dijelaskan dalam The Yellow Emperor’s Classics of Internal Medicine yang ditulis sekitar 2.500 tahun lalu. Diterjemahkan sebagai ‘dorong dan cengkeram’ dalam bahasa Tiongkok dan merupakan pengobatan penting dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok.

Tui Na berbeda dengan pijat ala Swedia yang memijat jaringan dalam. Dua jenis pijat ini sering dilakukan di Amerika Serikat. Pada waktu terapi Tui Na, hal pertama yang dilakukan adalah berpakaian yang nyaman dan duduk di kursi atau berbaring di meja pijat. Terapis tidak hanya menggunakan tangannya untuk memijat lengan, kaki dan punggung Anda tapi juga menggunakan siku dan lututnya dalam pijatan yang bervariasi seperti kompresi, menekan, meremas dan menepuk. Ada beberapa kesamaan antara Tui Na dan acupressure (menggunakan tekanan sebagai pengganti jarum pada titik-titik akupunktur) di mana kedua teknik memiliki tujuan yang sama – untuk merangsang titik akupunktur selama pijat. Tujuan terapis Tui Na adalah untuk mendorong aliran Qi, menyeimbangkan energi dan tentu saja, membantu Anda untuk mendapatkan hasil terapi yang terbaik.

Indikasi untuk penggunaan Tui Na

Tui Na membantu menghilangkan berbagai keluhan, termasuk leher, punggung, nyeri otot, sembelit, nyeri pra-menstruasi dan kondisi lain di mana manipulasi tubuh dapat sangat efektif.

Pada Tui Na sering terdapat pijatan yang kuat sehingga Anda merasa tidak santai seperti pijat lainnya. Terapis Tui Na sering melakukan pijatan yang kuat dan lebih aktif daripada yang Anda alami ketika pijat spa. Beberapa pasien merasa sakit setelah pijatan, tapi itu biasanya tidak berlangsung lama. Tui Na dilakukan untuk pengobatan medis di rumah sakit di Tiongkok dan pijatan ini membantu energi tak bergerak pada sendi dan otot menjadi bebas mengalir.

Kontraindikasi

Jika pasien menderita kondisi tertentu, disarankan mereka untuk menghindari Tui Na, seperti osteoporosis, patah tulang, penyakit menular, masalah kulit atau luka terbuka.

Saya telah memperoleh manfaat Tui Na dan menganggapnya sebagai terapi yang berharga, tapi saya pribadi bukan terapis Tui Na yang berbakat. Saya merujuk kepada terapis Tui Na lain jika pasien saya memiliki kondisi yang akan mendapat manfaat Tui Na atau jika pasien tertarik dengan jenis pijat ini. (Epochtimes/Vivi/Yant)

Jennifer Dubowsky, LAc, adalah seorang ahli akupunktur berijin praktek di pusat Kota Chicago, Illinois, Amerika Serikat sejak tahun 2002.

Share

Video Popular