Erabaru.net. Sebentar lagi kayu makin menjadi primadona, selain sebagai bahan yang dapat dimanfaatkan dalam banyak bidang juga pohonnya berperan sebagai paru-paru dunia karena menghasilkan oksigen sehingga membuat kita masih bertahan hidup sampai sekarang.

Semoga secepatnya pohon dapat dibudidayakan dengan baik dan dikelola dengan benar sebagai sumber daya alam.

Melansir Dailymail baru lalu, para peneliti dari KTH Royal Institute of Technology di Stockholm telah mengembangkan bahan kayu transparan yang bisa mengubah cara kita membangun gedung dan jendela surya.

Bahan baru ini cocok untuk produksi massal, dan merupakan sumber daya yang dapat diperbaharui dengan biaya rendah.

Jika digunakan dalam pembangunan rumah dan gedung, bahan kayu transparan memiliki potensi untuk meningkatkan pencahayaan dalam ruangan, yang memungkinkan cahaya alami masuk melalui dinding.

Hal ini bisa menghemat biaya pencahayaan buatan, dan bahkan mungkin memiliki kegunaan pada pembuatan sel-sel panel surya.

Meskipun ini bukan contoh pertama dari kayu optik transparan, perkembangan sebelumnya telah difokuskan pada studi anatomi kayu pada tingkat mikroskopis.

Para peneliti mengatakan bahan baru ini memiliki aplikasi skala besar.

Panel kayu transparan dapat digunakan untuk jendela atau tirai semi transparan, untuk membiarkan cahaya masuk sementara masih tetap bisa mempertahankan privasi.

“Kayu Transparan adalah bahan yang baik untuk membuat sel panel surya, karena biayanya rendah, dengan sumber daya terbarukan dan selalu tersedia.

Hal ini menjadi sangat penting dalam menutupi permukaan yang luas pada jendela surya,” kata Lars Berglund, seorang profesor Wallenberg Wood Science Center di KTH.

jendela kayu transparan
Jika digunakan dalam pembangunan rumah dan bangunan, bahan kayu transparan memiliki potensi untuk mengoptimalkan pencahayaan dalam ruangan, yang memungkinkan cahaya alami masuk melalui dinding. Panel kayu transparan dapat digunakan untuk jendela atau tirai semi transparan, untuk membiarkan cahaya masuk sementara tetap mempertahankan privasi.

Untuk membuat kayu transparan ini, peneliti kimia harus menghilangkan lignin dari sampel kayu balsa komersial.

Karena lignin adalah polimer struktural pada tanaman dan dapat ditemukan di dinding sel, yang memblokir 80-95 persen cahaya yang melewatinya.

Namun Ini saja, bagaimanapun, tidak akan menghasilkan bahan transparan.

“Ketika lignin dihapus, kayu menjadi putih indah. Tapi karena kayu tidak transparan alami, untuk mencapai efek itu dengan menambahkan akrilik, atau Plexiglass, agar kayu memungkinkan cahaya dapat menembusnya.

Tidak hanya ini bisa membuat bahan tembus, tapi ia dua kali lebih kuat dari Plexiglass,” kata para peneliti.

Ke depan, para peneliti akan mencari bahan lebih transparan, dan meningkatkan skala produksi untuk proses manufaktur.

“Tidak ada seorangpun sebelumnya telah mempertimbangkan kemungkinan untuk menciptakan struktur transparan yang lebih besar untuk digunakan sebagai sel surya dan di gedung-gedung. Kami berniat untuk bekerja lebih lanjut dengan berbagai jenis kayu,” kata Berglund.

Kayu adalah bahan berbasis hayati dan yang paling banyak digunakan di bangunan gedung, merupakan materi berasal dari sumber yang dapat diperbaharui, dengan penanaman pohon.

Ia juga menawarkan sifat mekanik yang baik, termasuk kekuatan, ketangguhan, tingkat kepadatan rendah, dan konduktivitas termal rendah. (ran)

Share
Tag: Kategori: TECHNEWS

Video Popular