Oleh CNA Seoul

Pejabat pemerintah Korea Selatan di Seoul pada Jumat (8/4/2016) menyatakan 13 orang warga asal Korea Utara yang bekerja sebagai tenaga pramusaji restoran makanan Korea Utara sudah berada di Korea Selatan.

AFP melaporkan, juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan Jeong Joon-hee kepada wartawan mengatakan, mereka yang datang untuk menyerahkan diri tersebut terdiri dari 13 orang gadis cantik dengan seorang pria yang mengaku sebagai atasan mereka.

Ia menolak untuk memberitahukan nama dan lokasi restoran tempat kerja 13 orang itu, juga tidak bersedia mengungkapkan lewat jalur mana mereka melarikan diri dengan alasan khawatir terhadap resiko konflik diplomatik dengan negara yang bersangkutan.

Jeong Joon-hee mengatakan, sebelumnya juga pernah terjadi kasus serupa tetapi dilakukan secara individu, tetapi tidak seperti sekarang ini yang dilakukan secara bersama-sama.

Jeong Joon-hee mengutip ucapan dari salah seorang pembelot mengatakan bahwa mereka  sudah ‘mencapai konsensus’ sebelum berangkat.

“Kondisi fisik mereka dinyatakan bagus oleh tim pemeriksa kesehatan,” uajrnya. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular