Salah satu penyanyi tenor paling terkenal Tiongkok pada beberapa dekade terakhir, yang kini telah berusia 72 tahun, Guan Guimin. Sejak ia bergabung dengan Shen Yun Performing Arts pada tahun 2006, ia berkeliling ke seluruh dunia mengadakan tur pertunjukan. Ketika usai tampil di Long Beach, California, AS, pada 19 Maret 2016 lalu, Guan berbicara banyak tentang nyanyian dan makna mendalam di balik pertunjukan Shen Yun.

Bernyanyi gaya Bel Canto yang otentik

Saat ini, Shen Yun adalah satu-satunya perusahaan seni di dunia yang menguasai teknik bernyanyi Bel Canto yang otentik, suatu metode vokal yang kini hampir punah. “Hampir tidak ada yang seusia saya bisa menyanyi lagi. Akan tetapi sejak saya belajar di bawah arahan direktur artistik Shen Yun, memelajari bentuk Bel Canto yang paling tradisional di dunia, saya masih bisa menyanyi dan suara saya masih (terdengar) muda,” kata Guan.

Perjalanan ke Dunia Ilahi

Judul lagu yang dibawakannya adalah “Saya Bernyanyi Membawa Harapan Anda”, jelas Guan. “Apa yang saya ingin sampaikan kepada penonton adalah, manusia berasal dari surga, dan dengan menonton Shen Yun adalah setara dengan melihat sekilas pemandangan surga. Pakaian penjaga surgawi, kostum peri surgawi, semua dibuat sesuai dengan yang ada di surga. Persis sama! Pemandangan surga adalah seperti ini. Saya tidak melebih-lebihkan.”

“Orang-orang sekarang menghabiskan uang untuk pergi ke Mars. Apa yang mereka lihat adalah masih dalam dimensi ini. Mereka tidak bisa melihat dunia di mana makhluk Ilahi berada. Shen Yun dapat membawa orang pada perjalanan ke Dunia Ilahi.”

Sang Pencipta telah tiba

“Banyak orang berpikir itu saatnya bagi Sang Pencipta untuk datang; banyak orang menebak siapakah Sang Pencipta. Percaya atau tidak, Shen Yun melakukan apa yang Sang Pencipta ingin kita lakukan. Tentu saja, itu adalah pilihan pribadi apakah Anda percaya atau tidak.”

“Sebagai contoh, menengok kembali zaman Dinasti Yuan di Tiongkok, setelah Marco Polo mengunjungi Tiongkok, ia kembali ke Italia dan mengatakan kepada orang-orang bahwa ia melihat sebuah kota yang indah di Timur. Banyak orang yang tidak percaya kepada perkataan Marco Polo dan melemparkannya ke dalam penjara. Situasi ini mirip sekarang. Kami tidak memaksa orang untuk percaya, tetapi beberapa akan (percaya).”

“Sang Pencipta telah tiba. Dia di sini untuk menyelamatkan orang. Perkataan-Nya akan meningkatkan standar moralitas masyarakat. Jika manusia tidak memiliki moral, maka mereka lebih buruk daripada binatang. Apa yang membuat manusia terpisah dan membuat manusia berderajat mulia adalah standar moralitas mereka. Performa kami adalah untuk meningkatkan moralitas dunia sekarang ini, tidak hanya orang Tionghoa, tapi semua orang di Bumi.”

“Beberapa orang berpikir tinggi dari kemajuan teknologi saat ini. Pada kenyataannya, standar moralitas manusia telah jatuh sangat rendah. Orang tidak menyadarinya. Oleh karena itu, pertunjukan Shen Yun memiliki makna yang mendalam di dalamnya.”

Guan berharap semua orang bisa memiliki kesempatan untuk menonton Shen Yun. “Jika orang-orang menonton pertunjukan ini, hati dan pikiran mereka akan dibersihkan,” katanya.

Bernyanyi untuk membangunkan nurani

Guan Guimin pernah diberi predikat sebagai “Biduan Nasional Kelas Satu” oleh Kementerian Kebudayaan Tiongkok, dan kemudian dianugerahi kehormatan oleh Kementerian Luar Negeri Tiongkok sebagai “Profesional dan Kontributor Terkemuka”. Guan telah merekam soundtrack untuk lebih dari 50 film dan acara televisi, dan penerima berbagai penghargaan.

Karier Guan diserang oleh penyakit sirosis. Untungnya, ia mampu kembali bernyanyi setelah mulai berlatih Falun Dafa, suatu disiplin spiritual pikiran tubuh yang berakar pada budaya tradisional Tiongkok kuno. Namun, dikarenakan ia berlatih Falun Dafa, maka Guan tidak bisa kembali ke Tiongkok, di mana praktisi Falun Dafa masih dianiaya oleh rejim PKT (Partai Komunis Tiongkok).

“Saya masih memiliki banyak penggemar di Tiongkok. Sekarang saya menyanyi untuk membangkitkan hati nurani rakyat. Saya menganggap ini sangat berarti.”

Guan percaya bahwa suatu hari ia akan dapat kembali ke Tiongkok.

Guan pernah menjadi juri pada banyak kompetisi vokal tingkat nasional di Tiongkok, dan pada tahun 2007 dan 2008, ia menjadi ketua tim juri Kompetisi Vokal Tionghoa Internasional New Tang Dynasty Television pada tahun pertama dan kedua. (Epochtimes/Ajg/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular