Depresi merupakan sejenis penyakit mental, terkait emosional yang labil atau suasana hati yang tidak menentu seperti kabut. Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, bahwa di antara 3 jenis penyakit yang mengancam kesehatan manusia di abad 21 ini, depresi berada diperingkat kedua setelah kanker. Dari 100 orang rata-rata ada 3 orang yang mengidap depresi berat, sementara 20 lainnya menderita depresi ringan, dan depresi ini kerap terjadi pada kelompok muda yang berusia dikasaran antara 20 – 50 tahun, dengan rasio perbandingan 1: 2 laki-laki – perempuan.

Tim peneliti dari profesor Gibody di Universitas York, Inggris, menemukan bahwa kurangnya vitamin B kompleks (termasuk asam folat), risiko menderita depresi meningkat 55%, meskipun tidak dapat mengkonfirmasi kurangnya asam folat dapat menyebabkan depresi, tapi dapat dipastikan keduanya saling terkait. Turunnya nafsu makan dan minum minuman beralkohol (minuman keras) secara berlebihan juga berhubungan dengan peningkatan risiko depresi.

Ada beberapa dokter di Eropa, dimana setelah mengautopsi atau membedah mayat orang-orang yang bunuh diri karena depresi berat, mereka temukan di dalam mayat orang-orang tersebut kekurangan sejumlah besar vitamin B12. Secara fisiologis, selain berperan penting dalam sintesis protein dan membantu metabolisme protein, vitamin B12 juga dapat mencegah dan mengobati depresi atau mental decline. Mereka yang depresi atau mengalami kelabilan / penurunan mental, sangat rentan mengambil jalan pintas (bunuh diri), jika bisa segera diberi asupan-makanan vitamin B12, depresi yang dialaminya bisa diatasi.

Meditasi adalah obat mujarab dalam mengatasi depresi

Hasil studi terbaru menyebutkan bahwa pemanfaatan dari serapan vitamin B12, perlu diiringi dengan ion kalsium, dan untuk mengatasi depresi, mental decline yang timbul karena kurangnya vitamin B12 atau bahkan halusinasi, maka perlu segera melengkapinya dengan sejumlah besar vitamin B12 dan kalsium atau makanan yang mengandung zat kapur.

Untuk mengatasi/mengobati depresi, selain obat-obatan, para ahli menyarankan, bahwa meditasi adalah obat mujarab dalam mengatasi tekanan-stres, menyingkirkan depresi, meskipun meditasi membutuhkan waktu lebih lama, tetapi ini merupakan metode paling pokok dalam membangun ketenangan spiritual. (Epochtimes/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular