“Made in Germany” adalah simbol produk berkualitas tinggi, terlebih dalam hal pembuatan mesin juga otomotif, Jerman sangat dikenal di seluruh dunia. 500 besar perusahaan kuat dunia ada di Jerman, perusahaan asing yang ada di Jerman melebihi 45.000 buah.

Keberhasilan ini bukanlah suatu kebetulan, keunggulan merek Jerman ini erat kaitannya dengan keunikan karakter orang Jerman. Apa sebenarnya karakter orang Jerman, yang membuat mereka sangat unggul di berbagai bidang? Berikut bagian kedua, lanjutan dari artikel sebelumnya.

Tepat Waktu

Ketaatan terhadap waktu dan rencana, telah mencapai tingkat yang sangat sakral di Jerman. Seperti halnya orang Jerman, seluruh masyarakat Jerman juga dibangun di atas kepatuhan mereka terhadap rencana dan waktu: bus umum, pesawat, kereta api, kantor pos, seluruh instalasi publik menggunakan peralatan buatan Jerman yang sangat presisi, dan jarang sekali meleset. Dalam kondisi tidak ada hal tak terduga, setiap kereta bawah tanah, bus umum, akan tiba di stasiun tepat pada waktunya.

Jujur Bisa Diandalkan

Saat orang Jerman membuat dan mendesain produk, mereka akan benar-benar memikirkan kepentingan pengguna, yang diutamakan adalah kualitas di dalam daripada kemewahan yang tampak dari luar. Faktor keamanan dan ketahanan pada mobil Jerman sudah diakui, berita tentang tabrakan beruntun di jalanan bersalju yang melibatkan ratusan mobil tapi tidak ada seorang pun korban jiwa sudah sering kita dengar. Mereka sangat memperhatikan keselamatan, jalur khusus penyandang cacat selalu tersedia di mana pun, sepeda yang tidak memiliki lampu akan ditilang.

Orang Jerman bertanggung jawab terhadap pekerjaannya, bertanggung jawab terhadap pelanggan, tanggung jawab terhadap produk, dan dengan SDM dan kejujuran yang dapat diandalkan, menjamin produknya pantas dan sesuai dengan harganya. Mulai dari lonceng gereja sejak ratusan tahun silam, peralatan distilasi minuman alkohol, sistem drainasi bawah tanah, bangunan dan perabot, hingga mobil Mercedes-Benz di masa modern ini, BMW, alat pisau Zwilling, produk “Made in Germany” memiliki empat karakter fundamental, yakni  awet (Haltbarkeit), dapat diandalkan (Zuverlässigkeit), aman (Sicherheit) dan presisi (Präzision).

Mengedepankan Kualitas Hidup

Orang Jerman sangat gigih saat bekerja, juga sangat menikmati hidupnya di saat santai, dan mereka selalu pergi dan pulang kerja tepat waktu. Hoby mereka yang paling umum adalah mendengarkan music, menonton TV, membaca. Selain itu, mereka juga sangat menyukai aktivitas berkelompok, seperti mengikuti berbagai klub dan organisasi. Jenis dan jumlah klub di Jerman sangat banyak, mulai dari berburu dan memancing, sampai klub filosofi, bahkan koor lagu pujian agama dan lain-lain.

Orang Jerman sangat realistis, lebih mementingkan bobot daripada penampilan, mereka bisa menghabiskan uang 200 Euro untuk membeli sebuah teko pemanas, dan bukan membeli sebuah dompet Gucci atau membeli peralatan dapur seharga 500 Euro, dan bukan membeli tas LV. Menghabiskan ribuan Euro untuk menghiasi taman rumah sendiri dan tidak mau membeli mantel Burberry.  Hal yang mereka utamakan adalah kualitas hidup, dan bukan kemewahan semu yang tampak dari luar.

Gemar Membaca

Jerman merupakan negara penerbit buku besar yang memiliki pembaca dalam jumlah besar. Tiba di Jerman akan segera terasa atmosfir budaya yang sangat kuat. Menurut hasil survey tentang kesukaan warga Jerman di waktu senggang yang dirilis oleh “Pusat Analisa Konsumtif Jerman”, sebanyak 74% warga Jerman senang membaca koran, dan 69% senang membaca majalah, dari sini dapat dilihat tingkat membaca di Jerman sangat tinggi.

Di kereta bawah tanah, jarang terlihat orang memainkan telepon genggamnya, tapi banyak orang membaca buku. Di berbagai toko buku besar maupun kecil di Jerman, selalu dipenuhi banyak pembaca. Di tengah masyarakat internet sekarang ini, buku konvensional menggunakan kertas masih sangat tren di Jerman. Sebanyak 91% orang Jerman membaca sedikitnya satu buku dalam setahun; dan 23% warga membaca 9-18 buku setiap tahunnya; sedangkan 25% membaca lebih dari 18 buku setiap tahun.

Orang Jerman sangat rasional dan realistis, terkadang memberi kesan kaku, tidak humoris. Tapi banyak orang berpendapat, awalnya akan dirasakan orang Jerman sulit didekati, namun setelah cukup lama saling mengenal, mereka akan mengungkapkan isi hati dengan terbuka, dan merupakan teman yang cukup bisa dipercaya dan diandalkan.

Kesimpulannya, orang Jerman sangat teliti dan cermat, semangat mereka dalam mengejar ketepatan telah membentuk sebuah plakat yang terbuat dari emas yakni “Made in Germany.” (sud/whs/rmat)

TAMAT

Share

Video Popular