Seibu Railway Co kini tengah merancang sejenis kereta cepat yang bisa berkamuflase dalam perjalanan antar kota, menurut rencana kereta ini akan dirilis pada 2018 mendatang. Kereta ini bisa menyamar berkat teknologi kamuflase optik yang memantulkan pandangan saat sedang melaju, sehingga memberi kesan kamuflase, bisa menyatu dengan lingkungan yang dilaluinya, dan berbaur dengan panorama di sekitarnya.

Kazuyo Sejima, arsitek terkemuka Jepang ditunjuk sebagai perancang “Kereta Ninja”. Meskipun Kazuyo Sejima belum pernah merancang kereta cepat, namun, ia pernah memenangkan penghargaan Pritzker Architecture Prize yang bergengsi pada 2010.

Penghargaan ini untuk menghormati arsitek yang telah membuat karya yang memiliki nilai-nilai dari kombinasi kualitas bakat, visi, dan komitmen, yang juga telah memberikan kontribusi yang konsiten dan signifikan terhadap kemanusiaan dan lingkungan binaan melalui bidang arsitektur.

“Saya lebih suka desain minimalis, dan kebetulan ini cocok dengan konsep desain kereta yang baru untuk Seibu Railway, ujar Kazuyo Sejima disitusnya.

“Kereta ekspres ini akan melewati berbagai tempat pemandangan yang berbeda. Mulai dari suasana/panorama pegunungan Chichibu hingga tengah Kota Tokyo. Saya pikir akan bagus jika kereta bisa menyatu bersama dengan pemandangan yang berbeda-beda di sekelilingnya,” kata Sejima seperti dikutip dalam siaran pers.

“Saya harap dengan konsep desain dan teknologi ini bisa membuat nyaman penumpang, dan merasa berada di dalam rumah ketika melaju dengan Kereta siluman ini. sehingga dengan begitu mereka akan kembali menggunakan kereta ini untuk perjalanan berikutnya,” ujar Sejima menambahkan.

Sejima menuturkan, panel gerbong dibuat dari bahan semi-reflektif terhadap cahaya, sehingga, saat bergerak dalam kecepatan penuh, kereta siluman memunculkan ilusi optik seolah-olah menghilang.

Kereta Siluman, yang akan dibuat oleh Seibu Grup, pengelola rute rel kereta di Jepang sepanjang 180 km di sekitar Ibu Kota Tokyo hingga Prefektur Saitama ini nantinya bakal diluncurkan bersamaan dengan ulang tahun se-abad perusahaan tersebut. “Kereta ini jadi karya pertama Kasuyo Seijima, desain yang bertujuan menonjolkan kelembutan yang berpadu dengan pemandangan,” kata juru bicara Seibu Goup.

Meskipun perusahaan tersebut belum mengumumkan terkait kecepatan, daya dan penilaian atas dampaknya terhadap lingkungan. Namun, saat proyek ini dijalankan pada awal tahun fiscal 2018, mungkin akan dimulai dengan 8 gerbong kereta dulu. (Jhon/asr)

Share

Video Popular