Erabaru.net. Saat ingin memasak nasi, kita pasti tahu menggunakan air, lain halnya dengan leluhur kita, karena mereka tahu menggunakan semacam air yang ajaib untuk memasak nasi dapat mencegah penyakit dan membuat umur panjang.

Dan air ajaib yang dimaksud ini adalah teh.

Seberapa ajaibnya memasak nasi dengan air teh ?

Memasak nasi menggunakan air teh bukan saja dapat menghilangkan minyak, menyegarkan mulut, membantu pencernaan, tetapi juga memiliki banyak fungsi perawatan dari sisi kesehatan.

Menurut penelitian ahli gizi, apabila sering mengonsumi nasi dari rebusan air teh dapat mencegah dan mengobati lima jenis penyakit.

1.Mencegah dan mengobati penyakit kardiovaskular

Polifenol merupakan senyawa utama yang terkandung di dalam teh, suatu zat antioksidan, memiliki kemampuan yang kuat dalam menyingkirkan radikal bebas.

Bukti ilmiah menyebutkan bahwa polifenol dapat meningkatkan ketahanan mikrovaskuler, mencegah dinding mikrovaskuler pecah dan berdarah.

Selain itu, polifenol juga dapat menurunkan kolesterol darah, dan mengekang aterosklerosis.

Karena itu, apabila orangtua dan parobaya selalu mengonsumsi nasi rebusan air teh secara teratur dapat melembutkan pembuluh darah, menurunkan lemak darah, dan mencegah penyakit kardiovaskular.

2. Mencegah tumor saluran cerna

Polifenol adalah salah satu antioksidan alami yang paling kuat. Polifenol dapat menonaktifkan karsinogen, dapat menghambat dan memutuskan nitrosamin (karsinogenik) bersintesis dalam tubuh, sehingga dengan demikian dapat mencegah tumor saluran cerna.

3. Mencegah stroke

Salah satu faktor terjadinya stroke, adalah terbentuknya lipid peroksida yang membuat dinding pembuluh darah kehilangan elastisitasnya.

Sementara itu, asam tannin dalam teh merupakan suatu senyawa polifenol, yang kebetulan berfungsi menghambat pembentukan lipid peroksida dan sebagai antioksidan, mendorong penguraian enzim lemak, sehingga bisa secara efektif mencegah stroke.

4. Membantu pencernaan

Catatan tentang menanak nasi menggunakan air teh sudah ada dalam buku medis “Compendium of Materia Medica” sejak masa dinasti Tang.

Salah satunya berkhasiat melangsingkan badan apabila selalu mengonsumsinya secara teratur. selain itu juga dapat membantu fungsi pencernaan, dan bisa secara efektif mengurai lemak dalam tubuh.

5. Mencegah karies gigi

Fluoride dalam teh merupakan zat dentin yang mutlak diperlukan dalam tubuh.

Jika bisa secara kontinyu meresapkan sejumlah kecil fluoride ke dalam jaringan gigi, dapat meningkatkan kekuatan gigi dan kemampuan melawan asam, sehingga dengan demikian dapat mencegah karies gigi (penyakit infeksi yang merusak struktur gigi)

Cara menanak nasi dengan air teh

Cara membuat :

Siapkan 1 – 3 gr daun teh, rendam dengan 500 – 1000 ml air panas / mendidih sekitar 5 menit, kemudian saring dan buang ampasnya.

Catatan :

1. Dauh teh jangan terlalu banyak ;

2. Jangan menggunakan teh bekas semalam ;

3. Padukan dengan makanan yang kaya protein dan zat besi.

Daun teh yang tidak sama untuk mengobati penyakit geriatric (penyakit pada lanjut usia)

Menanak nasi dengan rendaman daun teh yang tidak sama, khasiatnya juga beda. Apabila selalu makan nasi rebusan air teh secara teratur, berkhasiat dalam mengontrol penyakit tiga tinggi yakni gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi para lansia.

Berikut menanak nasi dengan teh yang berbeda untuk mengatasi penyakit yang tidak sama.

Menanak nasi dengan air teh Oolong untuk mengatasi gula darah tinggi.

Menanak nasi dengan air teh Pu’re untuk mengatasi kolestrol tinggi.

Menanak nasi dengan air Broadleaf holly Tea (teh kuding) untuk mengatasi tekanan darah tinggi. (Secretchina/Jhn/Yant)

Share

Video Popular