Erabaru.net. Alpukat bukanlah buah biasa. Alpukat kaya akan lemak yang sehat untuk tubuh dan sering digunakan untuk menghasilkan minyak.

Walaupun minyak alpukat tidak seterkenal minyak zaitun, tapi minyak alpukat itu lezat. Minyak alpukat juga memiliki banyak manfaat, terutama mengandung antioksidan dan lemak yang sehat untuk tubuh.

Berikut adalah 9 bukti manfaat kesehatan dari minyak alpukat.

1. Kaya asam oleat, suatu lemak yang sangat menyehatkan tubuh

Minyak alpukat adalah minyak alami yang diperas dari bubur alpukat.

Hampir 70% minyak alpukat terdiri dari asam lemak tak jenuh-tunggal omega-9, yaitu asam oleat yang sehat untuk jantung.

Asam lemak ini juga merupakan komponen utama dari minyak zaitun, dan diyakini ikut bermanfaat untuk kesehatan.

Sekitar 12% minyak alpukat adalah lemak jenuh dan sekitar 13% adalah asam lemak tak jenuh ganda.

Walaupun minyak alpukat mengandung lebih banyak omega-6 daripada omega-3 dengan perbandingan 13: 1, hal ini tidak perlu dikuatirkan karena jumlah total kandungan omega-6 adalah relatif rendah.

Catatan: Asam lemak yang paling melimpah dalam minyak alpukat adalah asam oleat, suatu asam lemak yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

2. Mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan manfaat minyak alpukat untuk kesehatan jantung.

Suatu penelitian membandingkan manfaat kesehatan minyak alpukat dengan minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak jagung pada seekor kelinci.

Ditemukan bahwa minyak alpukat memiliki efek menguntungkan terhadap kadar kolesterol darah.

Minyak alpukat dan minyak zaitun adalah yang paling efektif dalam meningkatkan HDL, sang kolesterol “baik”.

Pada tikus, minyak alpukat dapat mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol LDL darah, serta menurunkan tekanan darah.

Catatan: Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa minyak alpukat bermanfaat untuk kesehatan jantung, termasuk mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol darah.

3. Mengandung kadar lutein yang tinggi, sebuah antioksidan yang bermanfaat untuk mata

Minyak alpukat adalah sumber yang relatif baik untuk lutein, suatu karotenoid yang secara alami ditemukan di mata Anda.

Lutein berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Makan banyak lutein dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula, yaitu penyakit mata yang sering berkaitan dengan usia.

Tubuh Anda tidak menghasilkan lutein, sehingga Anda harus mendapatkannya dari makanan.

Catatan: Lutein adalah karotenoid yang ditemukan dalam minyak alpukat.

Nutrisi ini meningkatkan kesehatan mata dan menurunkan risiko penyakit mata yang berkaitan dengan usia.

4. Meningkatkan penyerapan nutrisi yang penting

Beberapa nutrisi membutuhkan lemak agar dapat diserap oleh tubuh.

Di antaranya adalah antioksidan karotenoid, yang merupakan pigmen yang ditemukan dalam banyak makanan nabati.

Namun, buah-buahan dan sayuran yang kaya karotenoid biasanya rendah lemak.

Suatu penelitian menunjukkan bahwa menambahkan minyak alpukat untuk salad dengan wortel, selada dan bayam, akan meningkatkan penyerapan karotenoid yang cukup banyak yaitu sekitar 4,3-17,4 kali lipat, jika dibandingkan dengan makan salad tanpa lemak.

Catatan: Ada alasan yang baik untuk menyertakan sumber lemak sehat seperti minyak alpukat ketika kita makan sayuran, karena dapat meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid hingga 17 kali lipat.

5. Mengurangi gejala artritis

Artritis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan sendi yang menimbulkan nyeri, yang sangat umum terjadi dan diderita jutaan orang di seluruh dunia.

Osteoartritis adalah bentuk paling umum dari artritis yang terkait dengan kerusakan tulang rawan di sendi.

Sejumlah penelitian menemukan bahwa ekstrak dari minyak alpukat dan minyak kacang kedelai yang gagal mengalami proses penyabunan ketika dicampur dengan sodium hidroksida, dapat mengurangi nyeri dan kekakuan yang diakibatkan oleh osteoartritis.

Ekstrak tersebut tampaknya sangat bermanfaat bagi orang yang menderita osteoartritis pada pinggul dan lutut.

Catatan : Beberapa penelitian melaporkan bahwa kombinasi ekstrak minyak alpukat dengan minyak kacang kedelai meringankan gejala osteoartritis.

6. Mencegah penyakit gusi

Ekstrak dari minyak alpukat dan minyak kacang kedelai tidak hanya bermanfaat untuk artritis.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa kombinasi ini juga dapat mencegah penyakit periodontal, juga disebut penyakit gusi.

Gejala penyakit radang gusi mencakup gusi berwarna kemerahan dan berdarah, bau mulut, kerusakan tulang dan jaringan sekitar gigi. Bila parah, menyebabkan gigi tanggal.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dari minyak alpukat dan minyak kacang kedelai yang gagal mengalami proses penyabunan ketika dicampur dengan sodium hidroksida pada sel tulang dan jaringan periodontal, berfungsi menghambat penyerapan protein IL1B.

Protein IL1B merangsang peradangan dan merupakan pemicu utama dari kerusakan jaringan dan keropos tulang pada penyakit gusi.

Catatan : Ekstrak minyak alpukat dan minyak kedelai menunjukkan efek anti-peradangan dengan menghambat penyerapan protein IL1B yang menyebabkan kerusakan jaringan dan keropos tulang.

7. Meningkatkan kesehatan kulit dan mempercepat penyembuhan luka

Asam lemak dalam minyak alpukat bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda.

Penelitian terhadap 13 pasien menunjukkan bahwa krim yang mengandung minyak alpukat dan vitamin B12 meredakan gejala psoriasis setelah pemakaian selama 12 minggu.

Minyak alpukat juga telah diteliti akan kemampuannya untuk mengobati luka kulit, dan penelitian pada tikus menunjukkan bahwa minyak alpukat mempercepat penyembuhan luka.

Catatan: Penelitian pada manusia menunjukkan bahwa krim yang mengandung vitamin B12 dan minyak alpukat meredakan gejala psoriasis.

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa minyak alpukat mempercepat penyembuhan luka.

8. Menetralisir radikal bebas

Antioksidan memperbaiki kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas, yang merupakan produk limbah metabolisme.

Kadar radikal bebas yang tinggi menyebabkan stres oksidatif, yang mengakibatkan penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Stres oksidatif adalah ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas dengan kemampuan antioksidan tubuh untuk menetralkan efek radikal bebas yang berbahaya.

Dengan memberikan elektron ke radikal bebas, antioksidan dapat menetralkannya, sehingga mencegah terjadinya efek radikal bebas yang berbahaya.

Terdapat banyak jenis radikal bebas, tetapi radikal berasal-oksigen, yang dikenal sebagai spesies oksigen reaktif (ROS), adalah yang paling memprihatinkan.

Pada spesies oksigen reaktif (ROS), terdapat satu atom atau kelompok atom yang mempunyai elektron yang tidak berpasangan pada atom oksigennya, yang berasal dari molekul oksigen, yang sangat reaktif.

Mitokondria, suatu organ sel yang menghasilkan energi, adalah sumber utama dari ROS. Penelitian pada tikus yang menderita diabetes, minyak alpukat melindungi terhadap efek radikal bebas yang berbahaya dengan cara masuk ke dalam mitokondria.

Minyak alpukat dapat menetralkan radikal bebas dan mencegah radikal bebas mengakibatkan kerusakan pada organ sel yang penting.

Catatan: Minyak alpukat dapat masuk ke dalam mitokondria sel dan menurunkan produksi radikal bebas yang berbahaya pada tikus.

9. Minyak alpukat sangat mudah digunakan

Terbukti bahwa minyak alpukat banyak memiliki manfaat dan mudah untuk dimasukkan ke dalam diet Anda.

Sebagai contoh, minyak alpukat dapat dikonsumsi dingin, tetapi juga dapat dijadikan minyak goreng yang aman dan menyehatkan tubuh karena asam lemaknya stabil pada pemanasan suhu tinggi.

Berikut adalah beberapa cara untuk menambahkan minyak alpukat untuk diet Anda:

• Tambahkan satu sendok makan untuk smoothie.

• Percikkan pada salad.

• Campurkan pada air rendaman daging/ikan sebelum dimasak.

• Oleskan pada saat memanggang.

• Campurkan pada mayo buatan sendiri.

• Percikkan di atas sayuran sebelum memanggang.

• Percikkan di atas hummus. Hummus adalah makanan dari Mesir dan sebelah timur Mediterania berupa krim yang terbuat dari kacang arab (chickpea) atau kacang lainnya yang dilumatkan dan dicampur rata dengan pasta biji wijen dari Timur Tengah, minyak zaitun, jus jeruk dan bawang putih, yang disajikan terpisah atau disiram pada makanan.

• Percikkan di atas sup dingin, seperti gazpacho (sup Spanyol yang terbuat dari tomat, sayuran dan rempah).

Kadang minyak alpukat digunakan pada kosmetik dan produk perawatan kulit.

Catatan : Minyak alpukat dapat digunakan dalam banyak cara, seperti ditambahkan dingin untuk salad atau smoothie, dan juga bagus untuk digunakan saat memasak dan memanggang.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share

Video Popular