Oleh Lu Yong

Gempa kuat berskala 6.4 SR terjadi di Pulau Kyushu, wilayah Kumamoto-shi Jepang pada Kamis (14/4/2016) pukul 21:26 waktu setempat. Gempa tersebut beserta susulannya terjadi terus menerus menyebabkan banyak orang mengalami luka, rumah roboh serta listrik setempat padam.

Sampai sekarang sudah tercatat 4 orang tewas, lebih dari 600 orang mengalami luka-luka dan lebih dari 10.000 warga dievakuasi ke tempat-tempat pengungsian. Aliran listrik untuk sekitar 15.900 rumah padam. Banyak warga ketakutan dan tidak berani tinggal dalam rumah.

Gempa tersebut adalah  kedua terbesar setelah gempa dan tsunami Sendai yang terjadi pada 11 Maret 2011 silam.

Miss Xu Tian yang tinggal di Kumamoto-shi yang merupakan daerah pusat gempa mengatakan, “Banyak warga Jepang terpaksa mengungsi.”

“Barang-barang dalam rumah jatuh berantakan di lantai. Meskipun kondisi rummah tampaknya masih baik-baik, tetapi demi keselamatan diri dan anggota keluarga lebih baik menginap semalam di lokasi penampungan. Selain mudah untuk memperoleh informasi terbaru terkait perkembangan situasi, juga karena gempa susulan berulang kali masih terjadi. Mengerikan! Jangan-jangan malam ini warga juga akan sulit bisa tidur nyenyak,” jelas Xu Tian dari tempat pengungsian. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular