Erabaru.net. Ahli dermatologi atau dokter bidang perawatan kulit dan penyakitnya mengatakan, tidak sedikit masyarakat yang terbiasa melumuri sabun mandi di sekujur badannya saat mandi, padahal ini adalah konsep yang keliru.

Disarankan cukup lumuri sabun di bagian dada, punggung dan bagian lain yang lebih berminyak, sementara bagian lainnya cukup dibersihkan dengan air, hal ini untuk mencegah jangan sampai kulit justru semakin kusam dan kering.

Elaine Larson, ahli penyakit menular di University School of Nursing, Amerika Serikat, seperti dilansir dari “Metro News” Inggris mengatakan, ditilik dari perspektif bakteriologi, mandi dengan konsep yang keliru bisa menghilangkan bakteri baik dan lemak sehat di tubuh, selain itu, kulit yang lecet juga dapat memicu bakteri meresap ke dalam tubuh, jadi dianjurkan cukup mandi 1 – 2 kali setiap minggu.

Wang Lifang, direktur dermatologi di Rumah Sakit Universitas Nasional Taiwan, mengatakan, bahwa masalah infeksi yang dipicu bakteri akibat mandi seperti yang disebutkan di atas itu jarang ditemui di Taiwan, sebaliknya justru masalah kekeringan kulit jauh lebih serius akibat pemakaian pembersih yang berlebihan dari produk mandi yang dipakai sehari-hari.

“Sebelumnya pernah saya temui seorang pasien yang ekstrim ingin selalu tampil atau kelihatan bersih secara fisik, pasien ini bisa mandi beberapa kali dalam satu hari hanya agar bisa sebersih mungkin, namun, karena “terlalu bersih”, akibatnya kulitnya justru pecah-pecah, meradang, memerah dan gatal-gatal, sehingga memeriksakan diri ke dokter perawatan kulit,” kata Wang Lifang.

Untuk menjaga kulit agar tetap bersih sekaligus tidak membuat kulit terlalu kering ?

Saat mandi, sebaiknya jangan terlalu banyak memakai cairan pembersih, baik itu berupa shower gel, shower cream, body wash atau semacamnya, selain itu air buat mandi juga jangan terlalu panas, dan jangan mandi terlalu lama, imbuh Wang Lifang.

“Banyak orang yang melumuri sekujur badannya dengan sabun atau shower gel ketika mandi, padahal ini adalah konsep yang salah, sebenarnya, air saja sudah cukup untuk membersihkan sesuatu/kotoran yang bukan berupa minyak di kulit kita, sementara shower gel / cream atau sejenisnya itu cukup dipakai di dada, punggung atau bagian lain di badan yang lebih berminyak,” ujar Wang Lifang menambahkan.

Bagi Anda yang anggoa badannya (tangan / kaki) tampak kering, sebaiknya cukup dibersihkan dengan air saja, kalau tidak atau Anda memakai sabun / cairan pembersih justru akan membuat kulit semakin kering, namun, apabila masih terasa kering, Anda bisa melumurinya dengan lotion pelembab kulit.(Epochtimes/Jhn/Yant)
.

Share
Tag: Kategori: Headline KESEHATAN

Video Popular