Erabaru.net. Bagi sebagian besar orang, mandi merupakan suatu hal yang menyenangkan.

Mandi bisa mempecepat dan efektif membersihkan tubuh, selain itu juga menyegarkan, menghilangkan kepenatan.

Namun, jika pola mandinya tidak benar, misalnya dalam pemakaian sabun dan gesekan handuk yang terlalu keras ke kulit yang dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya.

Berikut beberapa tips sehat agar mandi tak menjadikan kulit Anda semakin kering dan rusak.

1. Hindari mandi air panas

Mandi uap dengan air panas memang terasa menyegarkan setelah sibuk kerja seharian penuh.

Namun, dengan merendamkan badan Anda ke dalam air panas, tidak ada manfaat apa pun bagi kulit, sebaliknya justru membuat kulit Anda kehilangan kelembaban dan menjadi kering, disarankan sebaiknya ganti dengan air hangat.

Menurut ahli dermatologi, stratum korneum di lapisan kulit terluar merupakan perlindungan alami pada kulit, dapat mengisolasi bakteri berbahaya dan lingkungan yang keras, sekaligus juga melembabkan kulit.

Namun, jika mandi dengan air panas atau menggunakan sabun keras (kandungan yang dapat mengiritasi kulit) dapat menyebabkan hilangnya minyak alami di kulit dan membuat kulit menjadi kering, hingga pada akhirnya menyebabkan gatal-gatal di sekujur badan atau risiko peradangan kulit, memicu timbulnya ruam, dan bahkan infeksi.

2. Hindari mandi terlalu lama

Ada orang yang mandinya lama, atau menggosok badan dengan kuat, sampai benar-benar merasa sudah bersih.

Namun, justru cara mandi seperti ini bisa menghilangkan minyak alami yang berfungsi melembabkan kulit.

Melansir laman “realsimple.com”, dokter perawatan kulit di Miami, Amerika Serikat, sekaligus penulis “6 Weeks to Sensational Skin”, Loretta Ciraldo mengatakan, cara dan produk yang digunakan untuk mandi, sebaiknya diperhatikan juga, loofah atau sabut mandi dapat mengauskan kulit Anda.

Umunya, waktu mandi paling lama itu sekitar 15 menit.

3. Gunakan sabun yang lembut

Penggunaan sabun atau shower gel tergantung pada jenis kulit individu masing-masing, yang penting gunakan sabun yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit.

Bagi mereka dengan jenis kulit berminyak sebaiknya pilihlah sabun cair, agar tidak menyumbat pori-pori yang akan menyebabkan timbulnya jerawat.

Sementara bagi Anda dengan jenis kulit kering, ingat, sabun padat lebih mudah menyebabkan kulit kering daripada sabun cair, shower gel atau sabun cair biasanya mengandung bahan pelembab, jadi sebaiknya pilihlah produk mandi yang mengandung minyak alami, dan bahan pelembab.

4. Hindari menggosok badan dengan handuk

Hal ini mungkin terdengar aneh karena di mana-mana jika habis mandi pasti mengunakan handuk, kebiasaan semacam ini adalah hal buruk, mengeringkan tubuh dengan cara menggosok tubuh dengan handuk sehabis mandi.

Hal ini nyatanya dapat merusak kulit dan menghilangkan kelembaban. Sebaiknya handuk ditepuk-tepukkan pada kulit jika ingin mengeringkannya. (Epochtimes/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular