Oleh CNA Brazilia

Presiden Brazil Dilma Rousseff hampir dapat dipastikan akan didesak mundur karena kalah dalam pemungutan suara tentang impeachment di Majelis. Dengan demikian maka dominasi kekuasaan oleh Partai Buruh berhaluan kiri Brazil yang sudah berlangsung selama 13 tahun dalam waktu dekat akan berakhir..

Bila dewan senat jadi melanjutkan proses impeachment melalui pemungutan suara pada awal Mei mendatang, maka Dilma Rousseff harus diberhentikan dan jabatan presiden untuk sementara waktu akan dipangku oleh Wapres, Michel Temer. Bila Dilma terbukti bersalah maka Michel Temer akan menggantikan kedudukan presiden hingga 2018.

Jajak pendapat masyarakat Brazil menunjukkan lebih dari 60 % responden mendukung dilakukan impeachment buat Dilma.

Meskipun Dilma tidak didakwa melakukan korupsi, tetapi pemerintahannya kabarnya terlibat dalam skandal menerima dana suap berjumlah besar dari perusahaan minyak milik BUMN Brazil serta terseret krisis ekonomi.

Seorang pekerja sosial Brazil bernama Alesandra Dantas (28 tahun) mengatakan, “Pesan penting yaitu pemerintahan negara ini perlu dibenahi lebih serius bisa didapat melalui impeachment.” (sinatra/rmat).

Share

Video Popular