JAKARTA – Hujan deras yang berlangsung dua hari terus menerus telah menyebabkan banjir dan longsor di Kecamatan Minyambouw Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat pada Minggu (17/4/2016) pukul 15.00 Wita. Data yang dimiliki oleh BNPB menyebutkan akibat peristiwa ini sebanyak 6 orang hilang

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan longsor menyebabkan akses jalan dari Manokwari ke Kabupaten Pegunungan Arfak terputus sehingga 1.000 KK terisolir.

Menurut Sutopo, BPBD  Papua Barat telah mengirimkan Tim Reaksi Cepat untuk melakukan pendataan yang beranggotakan 7 orang. Hingga kini BPBD Papua Barat masih terus melakukan pendataan akibat longsor dan banjir itu.

BPBD telah mengirimkan bantuan makanan siap saji 60 dus, 120 karton makanan kaleng (ransum), pakaian layak pakai, 46 tikar, 25 selimut dan kebutuhan dasar lainnya. Alat berat dari Dinas PU telah dikerahkan untuk mengatasi longsor namun jumlahnya masih kurang.

“Kebutuhah mendesak yang diperlukan adalah alat berat untuk membersihkan material longsor dan memperbaiki akses jalan. Kondisi saat ini masih diguyur hujan deras,” pungkasnya. (asr)

Share

Video Popular