JAKARTA – Rapat yang digelar bersama oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP, Brahmantya Satyamurti akhirnya sepakat untuk menghentikan sementara reklamasi Teluk Jakarta.

Menko Maritim dan SDA, Rizal Ramli mengatakan semua pihak sepakat untuk menghentikan sementara waktu reklamasi di Jakarta sampai semua persyaratan perundangan-undangan ditaati terkait reklamasi. “Sementara, kita hentikan pembangunan reklamasi di Teluk Jakarta,” ujarnya dalam rapat koordinasi di Kantor Kemenko Maritim di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (18/4/2016).

Menurut Rizal, sebagai rangka penyelesaian persoalan reklamasi Teluk Jakarta juga disepakati membentuk join commiter antar lembaga pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta. Tim dari lembaga-lembaga tersebut nantinya akan merapatkan dan menyelaraskan peraturan tumpang tindih terkait reklamasi.

Rizal mengatakan tim-tim yang dibentuk nantinya terdiri dengan  pejabat Sekretariat Kabinet, Kemenko Kemaritiman, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Pemerintah Provinsi Jakarta.

Menurut Rizal, selama rapat semua pihak berdiskusi terkait status reklamasi dan memahami adanya kebijakan publik yang kemudian terjadi tarik-menarik. Meski demikian, Rizal Ramli menegasan kebijakan publik harus bagus serta mengakomodoasi kepentingan negara, publik dan bisnis.

Sebelumnya dalam rapat bersama dengan Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP) di Gedung DPR RI, Rabu (13/4/2016) juga sepakat untuk menghentikan sementara reklamasi Teluk Jakarta.  Dalam rapat diminta Pemprov DKI untuk berkoordinasi hingga memenuhi ketentuan perundang-undangan. (asr)

Share

Video Popular