Banyak orang tahu bahwa orang Asia suka makan mie instan. Tetapi warga dari negara mana yang paling suka?

Baru-baru ini perusahaan Barings Taiwan menyebutkan bahwa warga Tiongkok termasuk yang paling suka makan mie instan. Mereka mampu mengkonsumsi paling banyak mencapai 44.4 milyar bungkus mie instan dalam setahun.

Posisi kedua adalah Indonesia yang mampu mengkonsumsi 13.4 miliar bungkus dalam setahun. Tetapi bila dihitung dari jumlah konsumsi perorang, maka warga Korea Selatan yang setiap orang setiap tahunnya bisa menghabiskan 76 bungkus mie instan dapat disebut sebagai warga yang paling suka makan mie instan.

Dari data yang dihimpun Asosiasi Mie Instan Dunia dapat diketahui bahwa hingga Mei 2015, total permintaan mie instan dunia tahun itu mencapai 102.74 miliar bungkus dan 44.4 miliar di antaranya ‘dimakan’ Tiongkok.

Central News Agency melaporkan bahwa perusahaan Barings membuat analisa berdasarkan data laporan yang diterbitkan lembaga urusan pedesaan dan pertanian Korea Selatan. Kemudian  memberikan gambaran bahwa Korea Selatan menjadi negara yang paling banyak mengkonsumsi mie instans (76 bungkus per orang per tahun) di dunia selama 2014. Warga Korea Selatan rata-rata akan makan lebih dari 1 bungkus mie instans dalam sehari. Sedangkan Vietnam, Indonesia, Thailand yang masing-masing mengkonsumsi 55, 53 dan 45 bungkus per orang per tahun berada di urutan 2 – 4. Dari sana kita bisa melihat betapa besarnya peluang bisnis mie instans di Asia.

Mie instan sudah menjadi budaya makanan bagi orang Jepang. Menurut data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Industri Makanan dalam Bungkusan di Jepang bahwa produksi mie instan di Jepang pada  2014 mencapai 5.49 miliar bungkus (termasuk mie cangkir, mie dalam bungkusan plastik dan berbentuk roti). Seorang warga Jepang rata-rata akan mengkonsumsi 42.4 bungkus mie instan dalam setahun.

Di Korea Selatan mie instan sudah menjadi makanan cepat saji yang paling disukai warga. Beragam rasa dibuat warga untuk menarik selera. Bahkan  orang Korea Selatan menciptakan panci khusus  yang digunakan untuk memasak mie instan. Di jalan-jalan banyak depot menjual makanan yang disajikan dengan mie instan. Dalam drama-drama Korea Selatan, mie instan juga sering dapat kita jumpai. Tampaknya, mie instan sudah menjadi elemen penting dalam kehidupan masyarakat Korsel.

Di Indonesia, mie instan dicampur dengan sayuran, daging atau telur juga menjadi makanan yang digemari masyarakat. Barings berpendapat bahwa mie instan produksi dari perusahaan Indomie adalah salah satu makanan Indonesia yang banyak dikenal masyarakat Indonesia.

Harga mie instan di Indonesia hanya sekitar 1/10 harga di Jepang, dapat terjangkau oleh orang-orang yang berpendapatan tidak besar. Selain itu, yang membuat Indomie menjadi populer adalah karena ia diproduksi dalam berbagai rasa yang mampu menaklukkan selera orang di negara yang berbeda.

Perusahaan Barings menyatakan bahwa lebih dari 70 % pangsa pasar mie instan Indonesia dikuasai oleh pabrik Indomie. Jumlah produksi perusahaan itu dalam setahun yang 16 miliar bungkus sama dengan 2 kali lipat lebih jumlah populasi dunia.(sinatra/rmat)

Share

Video Popular