Karena lokasinya yang berada di pusat dalam tubuh, juga melakukan beberapa taraf gerakan, dan segudang otot dalam dan bersilangan, yang menghubungkannya ke perut dan kaki, sehingga di daerah panggul sering kali menjadi sumber rasa sakit yang misterius.

Jika dibandingkan dengan lutut, pinggul adalah struktur mekanik yang sangat stabil, yang dikelilingi oleh otot-otot besar dan dilindungi oleh persendian dengan beberapa kapsul yang meningkatkan kedalaman dan kekuatan sendi.

Oleh karena itu, kecuali jika Anda menderita osteoarthritis atau telah mengalami cedera traumatis, rasa nyeri sendi di pinggul sering kali disebabkan oleh otot-otot, ligamen, tendon, atau saraf, tidak oleh persendian panggul itu sendiri.

Berikut adalah beberapa nyeri pinggul yang disebabkan oleh pengetatan, pelemahan, atau ketegangan otot, yang sering dialami oleh orang-orang yang aktif:

Nyeri fleksor panggul

Fleksor pinggul adalah kelompok otot yang kuat, yang terletak di bagian depan paha, yang bertanggungjawab untuk mengangkat lutut dalam gerakan pada umumnya seperti berjalan, berlari, bersepeda, dan naik tangga. Fleksor pinggul dapat dengan mudah menjadi tegang melalui penggunaan berlebihan dalam satu taraf gerakan.

Jika Anda seorang pelari atau pengendara sepeda, misalnya, sebagian besar gerakan latihan Anda berorientasi pada seputar gerakan ke depan (kontraksi) dari fleksor pinggul. Jika Anda tidak melawan kecenderungan ini dengan latihan kekuatan di setiap taraf gerakan, serta dengan peregangan yang memperpanjang fleksor pinggul, Anda mungkin mulai merasakan sesak atau sakit ketika berolahraga.

Nyeri piriformis

Sakit misterius ini, seperti nyeri pinggul fleksor, sering menyerang pelari rekreasi yang tidak melakukan latihan kekuatan dengan tepat untuk melawan tekanan pukulan dari dampak tinggi latihan. Piriformis adalah otot kecil yang berjalan ke samping melalui otot gluteal, bertanggungjawab untuk berotasi keluar dari pinggul dan kaki.

Mungkin ini mulai timbul nyeri selama latihan, tapi piriformis nyeri dapat dengan cepat menjadi hampir mengurangi linu panggul yang membatasi kegiatan kebugaran dan menyebabkan rasa sakit ketika duduk. Nyeri ini terjadi pada otot-otot gluteal duduk, namun juga menyebar ke salah satu atau kedua kaki.

“Rujukan nyeri” bisa dialami di lutut, kaki, atau bahkan kaki adalah karena pelampiasan dari saraf sciatic, sekitar otot piriformis yang sering kali dibalut oleh banyak orang.

Ketika otot mengetat, secara efektif “meraih” saraf sciatic dan erat tekanannya, mengirimkan sinyal rasa sakit di seluruh kaki yang terpengaruh. Nyeri piriformis dapat dikurangi melalui istirahat, gerakan latihan kekuatan yang khusus, membentang, dan pelepasan diri myofascial (foam-rolling).

Radang kandung lendir

Atau disebut bursitis, merupakan semua istilah untuk setiap kali kantung yang berisi cairan di sendi meradang, memengaruhi sisi luar paha, bergerak dari pinggul ke lutut, dan dapat menyebabkan nyeri di pinggul luar.

Bursitis dapat membuat gerakan sehari-hari, seperti membungkuk atau berjalan, menjadi sangat menyakitkan, dan dapat menyerupai radang sendi (arthritis) yang parah. Bursitis dapat diobati tidak hanya dengan istirahat dan dengan menggunakan es, tetapi juga dengan memperkuat paha bagian dalam dan luar (adductor dan abductor). (Epochtimes/Ajg/Yant)

Bersambung

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular