Oleh CNA Brazilia

Presiden Brazil Dilma Rousseff, Selasa (19/4/2016) menyatakan kemarahannya terhadap DPR Brazil yang mengabulkan pendakwaan dirinya dan bersumpah untuk terus berjuang menentang keputusan itu.

Dewan Perwakilan Rakyat Brazil telah menyetujui rencana untuk mendakwa Presiden Dilma, dan keputusan itu akan diteruskan ke Senat untuk dipertimbangkan. Karena itu, Dilma Rousseff marah dan untuk pertama kalinya ia merespon dengan mengatakan bahwa dirinya tidak akan menyerah kalah.

Dalam pidato yang disiarkan langsung oleh TV, Dilma Rousseff mengatakan, “Saya memiliki kekuatan, visi, juga keberanian dan keyakinan bahwa saya tidak akan jatuh. Saya juga tidak akan menyerah. Saya akan terus berjuang untuk menentang keputusan itu sama seperti saya menyelesaikan tugas rutin dalam kehidupan saya….”

Presiden Brazil itu dituduh telah memanipulasi keuangan negara, menutup-nutupi defisit anggaran yang cukup besar pada 2014 demi kepentingan untuk memenangkan pemilu presiden periode keduanya.

Awal bulan depan, Senat akan memutuskan melalui pemilihan suara apakah pendakwaan terhadap presiden Brazil yang memakan waktu tidak sedikit itu akan tetap dilangsungkan atau tidak. Bila 2/3 anggota senat memberikan suara mendukung, maka Dilma Rousseff akan diberhentikan dari jabatannya untuk sementara waktu. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular