- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Minyak Zaitun untuk Mengkilapkan Prabotan Rumah

Cairan pemoles furnitur dan lantai umumnya mengandung fenol. Dalam rilis dinas kesehatan, fenol adalah unsur yang dapat mengakibatkan kanker, jika kulit manusia terkena fenol akan membengkak, kulit mengelupas, perih atau timbul kutil dan bisul.

Jika tidak sengaja termakan, meskipun hanya sedikit, juga dapat mengakibatkan sistem metabolisme rusak berat, kejang-kejang, keluar keringat dingin, pingsan, bahkan meninggal dunia.

Ada juga cairan pemoles yang bahkan mengandung nitrobenzene, yang memiliki sifat racun yang sangat kuat, sangat mudah menembus kulit dan menyerap masuk ke dalam tubuh manusia, jika tidak sengaja terkena kulit akan dapat membuat kulit berubah warna, lalu menyebabkan sulit bernafas, muntah-muntah, bahkan meninggal dunia.

Selain fenol dan nitrobenzene, cairan pemoles juga mengandung zat-zat berbahaya lainnya, seperti propylene amoniak, cairan pembersih, pewangi buatan, nafta dan mineral yang diolah dari minyak bumi lainnya.

Apalagi umumnya cairan pemoles digunakan dengan cara disemprot, ketika disemprotkan saat penggunaannya pada perabot atau lantai, cairan tersebut akan mudah tersebar lewat udara, sehingga sangat membahayakan kesehatan orang-orang yang berada di dekatnya.

Sebenarnya minyak zaitun adalah minyak yang sangat banyak manfaatnya, selain dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh, juga dapat dimanfaatkan untuk kegunaan berikut ini, yang dapat menggantikan secara total penggunaan cairan pemoles di rumah.

1. Satu sendok teh minyak zaitun ditambahkan dengan sari perasan jeruk nipis atau lemon ditambahkan dengan satu sendok teh arak jenis Brandy akan menghasilkan cairan pemoles alami.

Langsung poleskan campuran minyak zaitun tersebut ke piano, perabot kayu, atau perabot rotan di rumah Anda, dijamin akan mengkilap seperti baru kembali.

2. Pajangan atau peralatan tembaga yang telah dibersihkan juga dapat dipoles dengan campuran minyak zaitun di atas, akan membuat hiasan tembaga Anda semakin kemilau, dan lebih tahan lama. (Epochtimes/Lie)