Kepolisian Spanyol mengumumkan bahwa pihaknya berhasil membongkar sebuah jaringan prostitusi paksaan dan menyelamatkan 29 orang wanita asal Tiongkok. Para wanita tersebut diselundupkan ke Spanyol dan dipaksa melacur.

Agence France Presse pada 18 April melaporkan bahwa dari pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Spanyol diketahui Kepolisian Spanyol telah mengerahkan sejumlah anggotanya untuk melakukan operasi penggerebekan di 22 lokasi perumahan dan sentral bisnis di kota-kota termasuk Madrid untuk menangkap warga asing yang tanpa didukung dengan dokumen legal.

Kejadian berawal dari polisi Spanyol menangkap sepasang suami istri imigran gelap asal Tiongkok yang bekerja di tempat hiburan. Dalam penyelidikan berikutnya, polisi menemukan satu kelompok kriminal yang mendatangkan para wanita muda asal berbagai daerah di Tiongkok ke Spanyol dengan berpura-pura mencarikan pekerjaan buat mereka. Tetapi para wanita  ini tidak didukung dengan ijin berkunjung yang dikeluarkan oleh pihak berwenang Spanyol.

Kepolisian dalam pernyataannya menyebutkan bahwa untuk menghidari pemberontakan, anggota sindikat itu kemudian memaksa para wanita tersebut untuk menggunakan obat-obatan terlarang, dan membawa mereka ke rumah-rumah pribadi, kamar hotel atau di tempat hiburan untuk disuguhkan kepada pria hidung belang yang memesan.

Belakangan ini, kepolisian Spanyol kerap melancarkan penggerebekan terhadap jaringan prostitusi warga Tiongkok di beberapa kota termasuk Madrid dan Soria dan berhasil menangkap sejumlah anggota sindikit dan menyelamatkan wanita-wanita muda asal Tiongkok yang dipaksa melacur.

Menurut laporan kepolisian Spanyol bahwa berdasarkan jumlah wanita yang diselamatkan dalam berbagai operasi penggerebekan selama ini, terbukti wanita asal Tiongkok berjumlah terbanyak kedua. Oleh karena itu, Kementerian Dalam Negeri Spanyol mengatakan, ini adalah salah satu modus penyelundupan manusia ke Spanyol yang perlu ditindak tegas.

Data Biro Statistik Spanyol (INE) menunjukkan bahwa jumlah etnis Tionghoa yang tinggal di Spanyol sekarang berkisar antara 191.000 jiwa dan merupakan yang terbanyak keempat di negara Barat. (Sinatra/asr)

Share

Video Popular