Pesisir pantai di propinsi tengah Vietnam baru-baru ini muncul sejumlah besar ikan mati yang mengambang di permukaan laut atau terdampar. Pihak berwenang Vietnam sedang melakukan pembersihan dan penyidikan untuk mengetahui penyebab dari kejadian tersebut. Masyarakat mencurigai ada pabrik di wilayah sana yang diam-diam membuang air limbah beracun.

Media Vietnam melaporkan bahwa baru-baru ini sejumlah ikan mati telah muncul di permukaan atau terdampar di pesisir propinsi bagian tengah Vietnam seperti Ha Tinh, Quang Tri, Quang Bin dan Hue. Ikan yang mati itu termasuk ikan yang biasanya hidup di air dalam dan ikan besar yang berbobot sampai 50 kg. menimbulkan bau yang sangat menyengat.

Laporan media menyebutkan, pemasangan pipa untuk mengambil air laut oleh banyak pembudidaya ikan di wilayah itu bisa jadi merupakan salah satu penyebab kematian sejumlah hasil laut dan menimbulkan kerugian serius.

Selain itu, peristiwa kematian tidak wajar sejumlah ikan ini membuat masyarakat takut untuk mengkonsumsinya. Karena itu harga jual ikan menurun dan nelayan pun ogah untuk melaut.

Menghadapi situasi demikian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam serta beberapa lembaga terkait lainnya telah membentuk delegasi untuk membantu masyarakat di wilayah pantai untuk membersihkan lingkungan, dan mengumpulkan sampel air laut dan ikan mati guna penyelidikan.

Laporan menyebutkan, karena di wilayah Ho Tinh terdapat cukup banyak pabrik sehingga sebagian  masyarakat mencurigai pembuangan limbah menjadi penyebab kematian ikan-ikan itu. (Sinatra/asr)

Share

Video Popular