- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Menteri Prancis Klaim Pemberantasan IS Semakin Matang

Radio France Internationale (RFI) mengutip ucapan Menteri Pertahanan Prancis Jean-Yves Le Drian yang disampaikan kepada radio France Info mengatakan bahwa kondisi yang diperlukan untuk memberantas organisasi teroris IS di Suriah dan Irak sudah semakin matang.

Jean-Yves Le Drian dilansir dari CNA Taipei dalam sebuah wawancara kemarin mengatakan : “Saya perhatikan bahwa pasukan IS sekarang semakin terdesak, dan sebagian besar dari mereka sedang mundur.”

Jean-Yves Le Drian mengungkapkan : “Sejak IS berhasil menduduki beberapa daerah Suriah dan Irak, dan sejak mereka mencoba untuk menyerang Baghdad pada bulan Juni 2014, saya pikir kelompok IS itu sudah mulai kehilangan 30 – 40 % kekuasaan atas daerah yang diduduki”.

Pasukan koalisi sedang menyediakan dukungan melalui udara kepada pasukan Kurdi dan Irak, berharap dapat merebut kembali wilayah Mosul di Irak dan Rakka di Suriah sebelum akhir tahun ini.

Jean-Yves Le Drian kemudian mengatakan : “Kita akan membutuhkan …. tekad yang besar, tetapi saya percaya bahwa kondisi untuk membasmi IS sedang berkembang menuju kematangan. Dan ini adalah untuk pertama kalinya saya merilis pesan yang lebih optimis”. (Sinatra)