Ginjal adalah organ yang sangat penting dari tubuh manusia, bagi lelaki maupun perempuan, setiap perubahan terhadap ginjal akan menyebabkan implikasi terhadap sistem organ lain dan akan sangat berpengaruh terhadap aktivitas fisiologis tertentu. Terutama bagi wanita, ginjal yang lemah akan mempercepat penuaan dan menyebabkan payudara mengendur, rambut rontok dan frigiditas (dingin dalam aktivitas seksual), selain itu bagi wanita hamil juga akan memengaruhi kesehatan generasi berikutnya.

Menurut teori Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT), fungsi fisiologis ginjal adalah: menyimpan saripati, mengatur cairan utama, Na Qi (納氣 menyerap oksigen murni yang telah berada di paru) dan mengatur produksi sumsum dari dalam tulang. Ketika tubuh kekurangan saripati ginjal, mudah menyebabkan pusing, jantung berdebar, tangan dan kaki dingin, sakit punggung pinggang, rambut kering-rambut rontok, telinga berdenging-gangguan pendengaran, penurunan kinerja otak, tubuh lesu dan osteoporosis, selain itu akan muncul permasalahan seperti: mata kering, mulut kering, nasal mucosa (cairan lengket di dalam hidung) tidak lagi lembab.

Dan Lima kebiasaaan yang paling mencederai ginjal adalah:

1. Makan terlalu banyak daging

Wanita karier yang sering perlu entertain tamu, selalu makan enak, tapi asupan protein yang berlebihan dapat meningkatkan beban pada ginjal. American Food Association pernah merekomendasikan, asupan harian protein adalah 0,8 gr per kilogram berat badan manusia. Setara dengan jenis daging setebal 0,5 cm sebesar telapak tangan.

2. Tidak suka minum air

Limbah dari metabolisme tubuh terutama diatur oleh liver dan ginjal, tetapi perlu dibantu air yang cukup. Minum banyak air dapat mencegah infeksi ginjal dan peradangan, sebagian kaum wanita lantaran tidak mau repot ke toilet lantas jarang minum air, ini merupakan kebiasaan yang sangat buruk.

3. Suka minum minuman ringan

Pada umumnya minuman ringan mengandung kafein, karena dampaknya pada tekanan darah, sering menjadi topik kontroversi. Lantaran kafein merangsang kelenjar adrenal untuk melepaskan lebih banyak adrenalin, ada pihak yang berpendapat hal itu dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Tekanan darah terlalu tinggi merupakan salah satu faktor penting yang mencederai fungsi ginjal, jadi cobalah untuk menghindari minuman ringan.

4. Makan terlalu asin

Natrium dalam garam dapat menyebabkan cairan tubuh tidak mudah dilepaskan. 95% kadar garam dalam makanan dimetabolisme oleh ginjal, dan asupan yang terlalu banyak garam, pasti akan meningkatkan beban pada ginjal, sehingga menyebabkan merosotnya fungsi ginjal. Jika makanan terlalu asin dalam jangka panjang kemungkinan dapat menyebabkan penyakit ginjal.

5. Suka minum bir berlebihan

Minum bir dalam jumlah besar dapat menyebabkan hyperuricemia. Kebiasaan minum bir ini dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan penyakit metabolik lainnya. Jika sudah menderita penyakit yang terkait dengan ginjal, apalagi acapkali minum terlalu banyak bir, maka akan mengendapkan asam urat sehingga menyebabkan saluran kapiler ginjal menjadi buntu yang akhirnya dapat mengakibatkan gagal ginjal. (Epochtimes/Hui/Yant)

Share
Tag: Kategori: Headline KESEHATAN

Video Popular