Anak-anak yang berlebihan menggunakan smartphone dan memegangnya terlalu dekat dengan mata dapat menyebabkan juling pada mata mereka.

Menurut peneliti di Korea Selatan, anak-anak yang sering menggunakan perangkat berada pada risiko yang lebih besar terkena ‘strabismus yang bersifat sementara, atau bahkan ‘juling’ tetap.

Para ahli di Chonnam National University Hospital, Seoul, Korea, menemukan hubungan antara keduanya setelah meneliti 12 anak, berusia 7-16 tahun, yang menggunakan ponsel mereka selama 4-8 jam sehari.

Anak-anak tersebut juga memegang ponsel mereka antara 8 – 12 inci jaraknya dari wajah mereka, yang berarti jarak dekat juga bisa menjadi penyebab.

Para peneliti mengatakan kepada Yonhap News bahwa kondisi, dimana melihat kedua mata tersebut bertumpu mengarah ke dalam, jarang didiagnosis di Korea Selatan, namun sekarang semakin marak.

Dilaporkan bahwa petugas medis mampu membalikkan gejala pada sembilan dari anak-anak tersebut dengan menghentikan penggunaan ponsel selama dua bulan.

Mereka juga merekomendasikan bahwa pengguna harus membatasi waktu mereka untuk menatap layar ponsel dalam jarak waktu 30 menit.

Pada tahun 2014, sebuah tim di Baylor University, Texas, menemukan bahwa banyak siswa remaja menghabiskan waktu hingga sepuluh jam sehari pada ponsel mereka. Beberapa di antaranya merasa stres jika ponsel mereka tidak bersamanya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa wanita menghabiskan rata-rata 10 jam texting setiap hari, email dan media social, sementara rekan-rekan pria mereka menghabiskan sekitar 8 jam.

Penulis utama James Roberts mengatakan ide bahwa menjadi kecanduan menggunakan ponsel adalah ‘kemungkinan yang semakin realistis’.

Survei online meminta 164 siswa menjawab tentang berapa lama mereka menghabiskan penggunaan fungsi atau aplikasi yang berbeda pada ponsel mereka. Ketika ditanya, 60 persen mengatakan mereka kecanduan ponsel mereka.

Secara keseluruhan, mereka menghabiskan sebagian besar waktu untuk texting, rata-rata 94,6 menit setiap hari. Mereka menghabiskan 48,5 menit menggunakan email dan 38,6 menit memeriksa Facebook, internet 34,4 menit dan mendengarkan musik menghabiskan 26,9 menit.

Beberapa fungsi aplikasi yang tersedia, di antara mereka menggunakan aplikasi seperti Pinterest dan Instagram, berhubungan secara signifikan dengan kecanduan ponsel, tetapi yang lain yang tampak logis untuk menjadi candu, seperti penggunaan internet dan game, tidak.

Anak wanita menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan ponsel mereka. Sedangkan pria yang mengirim email kira-kira sejumlah yang sama dengan anak perempuan, tetapi menghabiskan sedikit waktu pada masing-masing. (ran)

 

Share

Video Popular