Dapur merupakan tempat untuk menciptakan kelezatan sekaligus sumber bau makanan di dalam ruangan. Kecuali dengan cara membuka lebar jendela dan membiarkan bau itu berangsur-angsur hilang. Ada sebagian orang menggunakan pewangi ruangan untuk menciptakan aroma harum, namun masalahnya ia dapat melepaskan bahan senyawa organik yang mudah menguap dan membahayakan kesehatan.

Untuk itulah situs Food and Wine menawarkan 4 resep hijau yang efisien untuk mengusir bau yang menjengkelkan tersebut.

Tips membersihkan bau amis ikan: Cuka dan rempah-rempah

Terhadap bau amis makanan laut dalam ruang dapur yang sulit dihilangkan, coba gunakan cuka, baking soda dan lemon yang dapat menghilangkan bau. Letakkan semangkok cuka putih semalaman di atas meja pemotong makanan, bisa mengurangi bau amis. Selain itu, jika kita mau cerdik, ambil bumbu-bumbu yang sedianya dipakai untuk masak sea food, kombinasikan, lalu dimasak, bisa mencapai efek semerbak harum dalam ruangan.

Keesokan hari setelah terserang bau amis, juga bisa merebus kayu manis, kulit lemon dan serbuk jahe dalam air selama 15 menit lantas bisa menghilangkan bau amis itu.

Menurut situs ThisOldHouse, 2-3 sendok baking soda dan satu kulit lemon direbus dalam 2 gelas air hingga mendidih, juga merupakan resep ramah lingkungan yang bagus.

Sedangkan video ClearMy Space merekomendasikan, merebus irisan lemon, kayu manis, cengkeh dan cuka dalam air. Rempah-rempah lain yang bisa dipertimbangkan adalah pala dan bubuk “allspice”.

Tips menghilangkan bau hangus: Ampas kopi

Karena kurang hati-hati, roti atau makanan lain terpanggang hangus, udara ruangan dipenuhi dengan bau gosong yang menyengat, pada saat itu asalkan mau meletakkan secawan ampas kopi di atas meja selama beberapa jam, maka bau gosong akan hilang karena zat asam dalam kopi bisa menguraikan senyawa benzene (aromatic compounds) dalam makanan.

Situs SafeNaturalTips merekomendasikan merebus beberapa iris lemon/jeruk nipis dalam kuali juga bisa mendapatkan hasil yang sama.

Tips menghilangkan bau asam: Lemon

Keesokan hari setelah pesta, bau tidak sedap berbagai makanan tidak mau hilang, seperti bau bawang, merica, dan bawang bombay serta bau busuk/asam berbagai jenis sayuran.

Cara menghilangkan bau-bau itu adalah: masukkan lemon/jeruk nipis yang sudah dibelah ke dalam air mendidih dan rebus selama 10 menit. Aroma lemon yang tersebar dapat memurnikan udara, jika menambahkan rosemary hasilnya lebih bagus.

Tips menghilangkan bau lemak daging asap: Wewangian buatan sendiri

Bagaimanakah seharusnya menghadapi bau menyengat kuat dari lemak daging asap?

Coba tuangkan air ke dalam botol semprot dan tambahkan minyak esensial alami dengan perband-ingan yang sesuai, seperti minyak kayu putih, lemon/jeruk nipis dan minyak lavender, masing-masing 8 hingga 9 tetes lalu semprotkan merata pada kompor dan oven, sampai ke mulut ventilasi mesin penyedot asap kemudian bukalah kipas angin selama 5 menit sudah cukup. (Epochtimes/Lin/Yant)

Share

Video Popular