Microwave adalah peralatan pokok yang banyak digunakan orang, namun banyak yang sama sekali tidak menyadari bagaimana cara kerjanya.

Sebuah video telah mengungkapkan trik sederhana untuk menentukan apakah microwave Anda ‘bocor’ hanya menggunakan dua ponsel, namun jangan khawatir, bahkan jika itu bocor tidak mungkin dapat menyebabkan kerusakan apapun. Video ini diproduksi oleh YouTuber, Physics Girl, di San Diego.

Dalam rekamannya, ia menempatkan ponsel di dalam microwave kemudian menelponnya, rekaman itu menunjukkan bahwa casing pelindung microwave tidak memblokir radiasi terbukti sinyal dari ponsel yang digunakan masih dapat melewati.

Dalam serangkaian percobaan sederhana, video ini juga menunjukkan data dan sinyal Wi-Fi dapat melewati casing pelindung microwave, hal ini menunjukkan bahwa sejumlah kecil energi microwave dapat menerobos keluar.

Hasil rekaman tersebut mengejutkan, yang menjelaskan bahwa casing microwave bukanlah sangkar Faraday yang sempurna, dimana menggunakan jala untuk memblokir gelombang elektromagnetik yang hendak menerobos.

Tugas microwave adalah memasak makanan dengan menggunakan radiasi gelombang panjang untuk membuat molekul air di dalam makanan bergetar, dengan energi itu mentransfer menjadi panas. Peralatan dapur ini hanya dapat memasak makanan dengan energi saat mekanisme penguncian pintu ini berfungsi dan memiliki daya, karena jika rusak dapat meningkatkan kemungkinan kebocoran.

Ponsel memancarkan radiasi pada spektrum yang sama seperti microwave, tetapi panjang gelombang lebih panjang. Dalam video tersebut, phisics girl menempatkan frekuensi rata-rata untuk microwave pada 2,45 Gigahertz, sementara sinyal ponsel biasanya 1.9 GHz atau 0.85 GHz.

Percobaan menunjukkan bahwa selain telepon berdering dengan sinyal standar, juga dapat menerima panggilan FaceTime melalui Wi-Fi ketika di dalam microwave. Ini menunjukkan sinyal frekuensi radio Wi-Fi juga dapat melewati.

Pindah dari dapur ke laboratorium, phisics girl menunjukkan bahwa dalam sangkar Faraday yang efektif, dengan bahan jala dari logam yang baik dapat memblokir radiasi elektromagnetik, sinyal tidak dapat melewatinya.

Dengan bantuan rekannya, Samy Kamkar, mereka menjelaskan bahwa ketika ponsel diletakkan di dalam kotak itu tidak dapat menerima atau melakukan panggilan, menunjukkan bahwa sinyal memang terblokir.

Dengan menggunakan penerima sinyal, yang dapat mendeteksi berbagai frekuensi sinyal, video juga menunjukkan bahwa sejumlah kecil gelombang pendek lolos keluar dari oven ketika itu, tapi dalam jumlah yang sangat rendah.

Tidak ada peraturan UK saat ini untuk mengatur microwave dalam kegunaan persiapan makanan, sehingga Inggris mengadopsi standar AS, dengan kebocoran maksimum 1mW/cm2 untuk microwave baru dan 5 mW/cm2 untuk microwave yang masih beredar.

Dianna Cowern, alias Physics Girl, menjelaskan, “Hasil percobaan tergantung pada microwave, karena ada beberapa hal yang saya tidak jaga secara konstan, seperti usia microwave, apakah itu di rumah atau seberapa dekat dengan sebuah menara selular. Jadi hal ini mungkin telah mempengaruhi hasil eksperimen.”

YouTuber menambahkan bahwa mungkin juga telah ada lubang di jala pelindung di pintu microwave yang memungkinkan beberapa panjang gelombang dapat melewati dan memblokir lainnya, tetapi mereka harus lebih kecil dari panjang gelombang frekuensi yang dicoba untuk diblokir.

Karena frekuensi ponsel memiliki panjang gelombang lebih panjang dari frekuensi Wi-Fi, itu mungkin celah di suatu tempat antara ukuran dari keduanya.

Microwave adalah radiasi non-pengion dan tidak menimbulkan efek bermutasi yang terjadi pada DNA seperti sumber-sumber lainnya, seperti isotop radioaktif.

Eksperimen yang tak terhitung jumlahnya telah menghilangkan mitos bahwa microwave membuat makanan teradiasi yang dapat menyebabkan mutasi dan kanker.

Namun, paparan radiasi elektromagnetik yang berlebihan bisa berbahaya, pada skala yang ekstrim, radiasi gamma dari bahan radioaktif dapat membahayakan DNA, seperti sinar UV.

Paparan radiasi dosis tinggi gelombang lebih panjang, termasuk sinyal telepon seluler, Wi-Fi dan oven microwave, berpotensi menyebabkan masalah kesehatan. Beberapa ahli bahkan telah memperingatkan untuk membatasi paparan Wi-fi pada anak, namun masih tetap lolos.

Jika microwave bocor disarankan untuk menggantikan microwave tua yang dapat mengurangi jumlah kebocoran. Selain itu berdiri jauh dari microwave sementara itu juga dapat mengurangi risiko paparan radiasi.

Meski video ini bisa menunjukkkan apakah microwave Anda bocor, tapi tidak menjelaskan bagaimana cara mengetahui tingkat kebocoran. Anda mungkin bisa membeli alat detektor kebocoran pada microwave jika ingin menguji tingkat kebocorannya.

Banyak barang rumah tangga memancarkan tingkat radiasi rendah, bahkan tubuh manusia juga memancarkan dalam jumlah tertentu. (ran)

Share

Video Popular