Oleh: Huang Xiao Yu

Fisikawan Inggris Stephen Hawking baru-baru kembali mengeluarkan teori barunya mengenai lubang hitam. Sang ilmuwan meyakini bahwa lubang hitam adalah pintu masuk menuju ke dunia lain.

Dalam pernyataannya baru-baru ini di Harvard University, Hawking mengatakan bahwa lubang hitam tidak akan menyimpan materi yang ditelannya, juga tidak akan mempertahankannya. Namun, lubang hitam adalah pintu masuk ke dunia lain.

Saat ini, teori mengenai lubang hitam yang diterima oleh sebagian besar ilmuwan adalah, daya tarik lubang hitam sangat kuat, sehingga benda apapun yang masuk ke dalamnya termasuk cahaya juga tidak akan lolos darinya. Lubang hitam adalah benda langit unik yang dihasilkan dari bintang mati.

“Lubang hitam bukanlah penjara abadi seperti yang dipikirkan orang-orang selama ini. Benda-benda dapat keluar dari lubang hitam, atau masuk ke dalam melalui sisi luar lubang hitam atau ke semesta lain yang terhubung dengannya,” kata Hawking dalam pidatonya di Sanders Theatre Harvard University, seperti  dilansir dari laman The Boston Globe.

Teori baru ini dilontarkan Hawking sebagai upaya menjawab pertanyaan para fisikawan mengenai apa yang terjadi pada benda-benda ketika berkelana ke horison lain dimana cahaya tidak dipantulkan kembali. Para ilmuwan percaya apapun yang tersedot ke lubang hitam sejatinya tidak musnah namun diperlukan bukti untuk mengetahui kebenarannya. Pertanyaan ini telah menghantui benak para ilmuwan selama beberapa dekade dan belum terpecahkan hingga saat ini.

Kini Hawking mencoba mengurai pertanyaan tersebut dengan menyatakan teori baru lubang hitam. Ia meyakini manusia dan benda-benda yang masuk ke lubang hitam tidak musnah tetapi hanya berpindah ke alam lain.

“Jika suatu hari anda terjebak di lubang hitam, jangan menyerah, karena ada jalan keluar,” katanya dengan nada canda.

Awalnya lubang hitam dipercaya sebagai akhir dari keberadaan alam semesta, namun kini Hawking berargumentasi bahwa lubang hitam tidaklah sehitam seperti yang mereka perkirakan sebelumnya.

“Bagaimana lubang hitam menyimpan begitu banyak informasi, ini merupakan satu hal yang paling misterius dan sulit dipecahkan bagi kita,” kata Hawking.

Selain itu, materi di dalam lubang hitam kemungkinan juga dibawa ke semesta lain, sehingga tampak seakan-akan hilang dari alam semesta kita. Namun, hal lain yang masih menjadi masalah adalah, black hole yang diyakini menjadi gerbang menuju galaksi lain, hingga saat ini tak ada benda yang keluar dari dalamnya.

Kesimpulannya, walaupun terdapat kemungkinan bahwa black hole menjadi gerbang menuju lintas ruang dan waktu, namun hal tersebut belum dapat dipastikan.

“Meskipun saya seorang penyuka perjalanan ke luar angkasa, tapi saya tidak akan pernah mencoba masuk ke lubang hitam,” kata Hawking sambil bercanda. (Epochtimes/joni/rmat)

Share

Video Popular