Suara bedug beberapa saat terdengar. Suara muncul saat Menteri Perdagangan, Thomas Lembong menabuh bedug di acara puncak peringatan puncak Hari Konsumen Nasional/ Harkonas 2016 yang  dipusatkan di Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (26/4/2016). Harkonas yang jatuh pada 20 April kali ini mengusung tema “Gerakan Konsumen Cerdas Mandiri dengan Mencintai Produk Dalam Negeri.”

Mendag yang hadir mewakili Presiden RI Joko Widodo yang berhalangan itu menyampaikan pesan dan harapan presiden. Membacakan teks, Mendag mengatakan bahwa konsumen Indonesia harus berevolusi menjadi konsumen yang cerdas. Konsumen harus menuntut transformasi perekonomian, sektor konsumsi pun harus bertransformasi.

“Presiden Joko Widodo berpesan kepada masyarakat bisa naik kelas dan berevolusi, dari orientasi konsumen yang maksimal konsumsi menjadi orientasi konsumen yang mampu menentukan pilihan konsumsinya,” kata Mendag.

Mendag yang didampingi Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri PPN/Kepada Bappenas Sofyan Djalil, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf itu menjelaskan, pemahaman akan pentingnya perlindungan konsumen agar diperkuat. Harapannya adalah konsumen mampu membuat pilihan dan keputusan yang tepat dalam mengkonsumsi dan menggunakan barang, serta memanfaatkan jasa hanya yang sesuai dengan ketentuan.

Pesan lainnya,  Mendag menyatakan bahwa produk yang berkualitas tinggi bisa bersaing di luar, dan sebuah permulaan dari daya saing sektor produktivitas. Itu diawali dari sektor domestik dan konsumen berhak untuk menuntut produsen. Konsumen semestinya lebih memainkan peran dan kesadaran sebagai konsumen. Mendag menjelaskan bahwa kesadaran konsumen di Indonesia masih rendah. Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) 2015 di Indonesia masih ada di angka 34,17 persen. Sisi lain, upaya peningkatan pemahaman perlindungan konsumen juga dimaksudkan untuk membentuk konsumen cerdas, mandiri, dan cinta produk dalam negeri.

Keterangan foto: Menteri Perdagangan, Thomas Lembong menandatangani MoU di acara puncak peringatan puncak Hari Konsumen Nasional/ Harkonas 2016 yang  dipusatkan di Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (26/4/2016). (Foto: R.Pudiyanto)
Keterangan foto: Menteri Perdagangan, Thomas Lembong menandatangani MoU di acara puncak peringatan puncak Hari Konsumen Nasional/ Harkonas 2016 yang dipusatkan di Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (26/4/2016). (Foto: R.Pudiyanto)

Di akhir acara, dilakukan  penandatanganan nota kesepahaman edukasi konsumen cerdas dengan pihak universitas dan ormas keagamaan. Di antaranya ada Institut Pertanian Bogor, Universitas Tarumanegara, Universitas Singaperbangsa. Dari ormas keagamaan hadir perwakilan Majelis Ulama Indonesia, PP Muhammadiyah, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, Badan Kontak Majelis Taklim Indonesia. Hadir pula perwakilan dari Konferensi Wali Gereja Indonesia, Persekutuan Gereja Indonesia, Parisada Hindu Dharma Indonesia, Perwakilan Umat Budha Indonesia.

Di lokasi juga terlihat beberapa stand seperti dari Yayasan Lembaga Konsumen Indoensia, Layanan Pengaduan Konsumen, Badan Standardisasi Nasional, Komunitas Konsumen Cerdas, dan lain-lain. Di stand itu masyarakat bisa memperoleh pemahaman tentang menjadi ‘konsumen cerdas.’ (rmat)

Share

Video Popular