Oleh : Joseph Mercola

Magnesium sangat penting untuk fungsi biologis dan kesehatan yang optimal. Magnesium adalah mineral keempat yang paling berlimpah dalam tubuh, dan peneliti mendeteksi lebih dari 3.750 lokasi protein manusia yang berikatan dengan magnesium.

Makan makanan yang kaya akan magnesium supaya Anda tidak kekurangan magnesium

Cara terbaik untuk mempertahankan kadar magnesium yang menyehatkan tubuh adalah, pastikan Anda makan banyak sayuran berdaun warna hijau tua. Minum jus sayuran hijau adalah cara terbaik untuk meningkatkan kadar magnesium, bersama dengan banyak nutrisi nabati penting lainnya.

Jadi jika Anda makan makanan yang semuanya organik dan tidak menunjukkan tanda kekurangan magnesium, berarti Anda mendapatkan jumlah magnesium yang cukup dari makanan Anda. Jika Anda sudah makan dengan baik tapi masih ada tanda kekurangan magnesium, pertimbangkan untuk minum suplemen magnesium. Sayuran hijau yang mengandung kadar magnesium yang tinggi:

  • Bayam
  • Brokoli
  • Swiss chard
  • Brussel sprouts
  • Kale
  • Romaine lettuce

Makanan lain yang sangat kaya mengandung magnesium adalah:

Cokelat mentah atau bubuk cokelat tanpa gula

Satu ons (28 gr) biji cokelat mentah mengandung sekitar 64 mg magnesium, ditambah banyak antioksidan berharga lainnya, besi, dan serat prebiotik yang membantu memberi makan bakteri flora normal dalam usus Anda.

Alpukat

Satu buah alpukat ukuran sedang mengandung sekitar 58 mg magnesium, ditambah lemak sehat dan serat, dan vitamin lainnya. Juga merupakan sumber kalium, untuk mengimbangi efek hipertensi natrium.

Biji-bijian dan kacang-kacangan

Seperempat cangkir biji labu dan kacang-kacangan mengandung 48 persen, biji wijen mengandung 32 persen, dan biji bunga matahari mengandung 28 persen kadar magnesium yang dianjurkan oleh RDA (recommended dietary allowance).

Kacang mete, almond, dan kacang Brazil juga merupakan sumber yang baik. Satu ons (28 gr) kacang mete mengandung 82 mg magnesium, yang setara dengan sekitar 20 persen kadar magnesium yang dianjurkan oleh RDA.

Lemak ikan

Yang menarik, ikan berlemak seperti salmon dan makerel yang ditangkap di perairan Alaska juga mengandung kadar magnesium yang tinggi. Setengah fillet (178 gr) ikan salmon mengandung sekitar 53 mg magnesium, yang setara dengan sekitar 13 persen kadar magnesium yang dianjurkan oleh RDA.

Labu

Satu cangkir labu mengandung sekitar 27 mg magnesium; yang setara dengan sekitar 7 persen kadar magnesium yang dianjurkan oleh RDA.

Herbal dan rempah bumbu

Kemasan kecil herbal dan rempah bumbu banyak mengandung zat gizi, termasuk magnesium. Ketumbar, daun bawang, biji jintan, peterseli, biji mustard, adas, kemangi dan cengkeh kaya mengandung magnesium.

Buah dan berries

Pepaya, raspberry, tomat, melon, stroberi, dan semangka kaya akan magnesium. Misalnya, satu pepaya ukuran sedang mengandung sekitar 58 gr magnesium.

Imbangi konsumsi magnesium tambahan dengan kalsium, vitamin K2 dan D

Kita harus makan makanan yang bervariasi adalah karena makanan pada umumnya mengandung semua ko-faktor dan membutuhkan ko-nutrisi dalam rasio yang tepat untuk kesehatan yang optimal.

Adalah penting untuk menjaga keseimbangan kadar magnesium, kalsium, vitamin K2, dan vitamin D yang tepat. Keempat zat gizi ini bekerja sama secara sinergis, dan kurangnya keseimbangan antara mereka akan menyebabkan masalah, misalnya kalsium tambahan berkaitan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke, dan mengapa beberapa orang mengalami keracunan vitamin D.

Sayangnya, kita belum tahu rasio yang ideal tepat antara semua zat gizi, tetapi ada beberapa pedoman umum dan pertimbangan sebagai berikut:

• Rasio ideal antara magnesium dan kalsium saat ini dianggap 1: 1. Perlu diingat bahwa karena kalau Anda makan makanan yang lebih banyak mengandung kalsium daripada magnesium, maka Anda perlu mengonsumsi 2 sampai 3 kali magnesium lebih banyak tambahan daripada kalsium

• Walaupun rasio vitamin D dan vitamin K2 yang ideal atau optimal belum ditentukan, Dr. Kate Rheaume-Bleue mengatakan bahwa untuk setiap 1.000 IU vitamin D yang Anda makan, Anda mendapatkan manfaat sekitar 100 mikrogram (mcg) dari Vitamin K2, dan dapat sebanyak 150-200 mcg.

• Sangat disarankan untuk menguji kadar vitamin D Anda dua kali setahun (musim panas dan musim dingin) untuk menentukan dosis pribadi Anda. Paparan sinar Matahari adalah cara yang ideal untuk mengoptimalkan kadar vitamin D Anda. Tetapi jika Anda memilih untuk minum suplemen, “dosis ideal” untuk Anda adalah antara 40 sampai 60 ng/ml.

Jika kesehatan dan energi Anda menurun, Anda memerlukan lebih banyak magnesium

Ingatlah bahwa kebutuhan akan magnesium meningkat karena faktor usia lanjut, stres, kurang tidur, konsumsi alkohol, resistensi insulin dan diabetes, penggunaan obat resep, ketidakseimbangan flora normal dalam usus, fungsi ginjal yang buruk, dan banyak lagi. Jika Anda memiliki faktor risiko tersebut, atau jika Anda banyak makan makanan olahan, Anda dapat, a) mempertimbangkan kembali diet Anda dan b) mempertimbangkan untuk mengonsumsi magnesium tambahan.

Magnesium yang Anda dapat dari makanan adalah sumber yang terbaik, namun saat ini banyak makanan cenderung kekurangan magnesium dan mineral lainnya karena ditanam di tanah yang miskin mineral. Pupuk seperti glifosat benar-benar bertindak sebagai “berikatan dengan logam”, yang sangat menghalangi penyerapan dan pemanfaatan mineral.

Akibatnya, kebanyakan orang merasa lebih bijaksana untuk mengonsumsi magnesium tambahan. Pilihan lainnya, Anda dapat minum jus sayuran, di mana Anda mengonsumsi lebih banyak magnesium daripada Anda makan utuh sayuran tersebut.

Meskipun saya makan makanan organik dan minum jus secara teratur, saya masih mengonsumsi magnesium tambahan. Strategi lain yang dapat meningkatkan kadar magnesium adalah berendam kaki atau mandi berendam dalam air garam Epsom secara teratur. Garam Epsom mengandung magnesium sulfat yang diserap ke dalam tubuh melalui kulit.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular