Oleh: Franziska Spritzler

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa tidak semua orang memerlukan sarapan pagi. Kenyataannya, lebih baik tidak sarapan pagi daripada sarapan dengan makanan yang tidak sehat. Namun, sarapan pagi dengan makanan yang tepat akan memberi Anda energi dan mencegah Anda terlalu banyak makan sepanjang hari.

Biji chia

Biji chia sangat bergizi. Biji chia juga merupakan salah satu sumber serat yang terbaik. Bahkan, satu ons (28 gr) biji chia menyediakan 11 gram serat per porsi.

Terlebih lagi, sebagian dari serat biji chia adalah serat kental. Serat kental menyerap air, yang meningkatkan volume makanan bergerak melalui saluran cerna dan memberi rasa kenyang yang memuaskan.

Dalam sebuah penelitian, penderita diabetes yang makan biji chia selama 12 minggu mengalami penurunan rasa lapar, disertai perbaikan kadar gula darah dan tekanan darah dan juga menurunkan sekitar 40% penanda radang (CRP). Penanda radang (CRP) yang tinggi adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Biji chia juga mengandung antioksidan yang tinggi, yang melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas, yang dihasilkan selama metabolisme.

Namun, satu porsi biji chia sangat sedikit mengandung protein yaitu hanya sekitar 4 gr protein.

Berikut adalah resep untuk puding chia yang berisi lebih dari 25 gr protein.

Bahan:

  • 1 ons (28 gr) biji chia kering.
  • 1 sendok bubuk protein whey.
  • 1 gelas air kelapa atau susu almond.
  • Setengah cangkir berry.
  • Stevia atau pemanis lainnya sesuai selera, jika diinginkan.

Petunjuk:

Campurkan semua bahan dalam mangkuk dan aduk rata. Tutup mangkuk dan simpan dalam lemari es minimal selama satu jam.

Catatan penting: Biji Chia mengandung serat yang tinggi dan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit.

Berry

Berry adalah buah yang lezat dan mengandung antioksidan. Jenisnya yang populer adalah blueberry, raspberry, stroberi dan blackberry. Berry mengandung lebih sedikit gula dibanding buah lainnya, namun mengandung lebih banyak serat.

Raspberry dan blackberry masing-masing memberikan 8 gr serat per cangkir. Secangkir berry hanya mengandung 50-85 kalori, tergantung pada jenisnya.

Berry juga mengandung antosianin, suatu antioksidan, yang melindungi jantung dan memperpanjang usia.

Berry terbukti mengurangi tanda peradangan, mencegah kolesterol darah supaya tidak teroksidasi dan menjaga sel-sel yang melapisi pembuluh darah supaya tetap sehat.

Cara yang baik untuk menambahkan berry pada sarapan pagi adalah dimakan bersama dengan yogurt atau keju.

Catatan penting: Berry mengandung tinggi serat dan rendah kalori. Berry juga kaya akan antioksidan yang dapat menurunkan risiko penyakit.

Kacang

Kacang itu lezat, bergizi dan memberi rasa kenyang yang memuaskan.

Makan kacang pada waktu sarapan pagi adalah baik untuk menambah rasa kenyang tanpa menambah berat badan.

Meskipun kacang mengandung kalori yang tinggi, penelitian menunjukkan Anda tidak akan menyerap semua lemak yang terkandung di dalam kacang.

Kenyataannya tubuh Anda hanya menyerap sekitar 129 kalori dari 28 gr (1 ons) porsi almond.

Hal ini mungkin berlaku untuk jenis kacang lainnya, karena saat ini hanya almond yang telah diuji.

Kacang terbukti mengurangi risiko terkena penyakit jantung, mengurangi resistensi insulin dan mengurangi peradangan.

Semua jenis kacang kaya akan magnesium, kalium dan lemak tak jenuh-tunggal yang baik untuk kesehatan jantung.

Kacang Brasil adalah salah satu sumber selenium yang terbaik. Hanya dua butir kacang Brazil saja sudah menyediakan lebih dari 100% asupan harian selenium yang dianjurkan.

Kacang juga bermanfaat bagi penderita diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa dengan menggantikan seporsi karbohidrat dengan 2 ons kacang akan menurunkan kadar gula dan kolesterol darah.

Dengan menaburkan 2 sendok makan kacang yang dicincang di atas yogurt, keju atau oatmeal akan menambah kelezatan dan meningkatkan nilai gizi sarapan pagi anda.

Catatan penting: Kacang adalah makanan bergizi yang memberi rasa kenyang yang mengurangi risiko penyakit jantung dan mengendalikan kadar gula darah.

Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman sehat di planet ini.

Teh hijau mengandung kafein, yang meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati, serta meningkatkan laju metabolisme. Teh hijau hanya menyediakan 35-70 mg kafein per cangkir, yaitu sekitar setengah yang terkandung dalam kopi.

Teh hijau sangat membantu melawan diabetes. Sebuah tinjauan dari 17 penelitian menemukan bahwa pada peminum teh hijau terjadi penurunan kadar gula dan insulin dalam darah.

Teh hijau juga mengandung EGCG yang merupakan suatu antioksidan, yang berfungsi melindungi otak, sistem saraf dan jantung dari kerusakan.

Catatan penting: Teh hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan. Teh hijau mengandung EGCG yang merupakan suatu antioksidan, yang berfungsi melindungi otak dan sistem saraf.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Bersambung

Share

Video Popular