Omo, sebuah perusahaan yang terkenal karena produksi deterjennya, kini anak perusahaannya yang berkantor di Australia telah mengembangkan sejenis penjepit baju pintar. Alat ini dapat memprediksi perubahan cuaca, dan mengingatkan pengguna untuk mengangkat bajunya sebelum hujan.  Sehingga baju anda pun tidak akan basah atau ternoda dan tidak perlu repot membilasnya kembali karena terpaan hujan yang bersifat asam.

Penjepit baju pintar bernama Peggy ini, sekilas terlihat seperti penjepit baju pada umumnya, hanya saja ukurannya sedikit lebih besar. Di dalamnya terdapat perangkat teknologi tinggi, misalnya pendeteksi cahaya, sensor suhu, dan sensor kelembaban, berikut chip Wi-Fi dan baterai lithium-ion.

Dengan analisis sensor melalui data yang dikumpulkan dari internet, penjepit baju pintar Peggy dapat memantau kondisi cuaca, dan mengirimkan informasi terkait ke smartphone pengguna. Kapan waktu yang tepat untuk cuci pakaian, berapa lama pakaian yang dijemur itu akan kering dalam kondisi cuaca saat itu, apakah akan segera turun hujan dan sebagainya itu, semuanya bisa diberitahu kepada Anda melalui penjepit baju pintar Peggy ini.

Selain itu, Peggy dapat diintegrasikan dengan aplikasi ponsel, memantau proses laundry. Jika dalam 30 menit setelah selesai proses pencucian, pengguna belum juga mengeluarkan pakaian dari dalam mesin cuci, maka Peggy akan mengirim pesan ke pengguna.

Prototipe yang dikembangkan perusahaan tersebut saat ini dalam masa pengujian di beberapa keluarga. Karena prototipe saat ini membutuhkan pengisian ulang melalui USB setiap harinya, perusahaan Omo akan meningkatkan  perbaikan dalam hal memperpanjang umur baterai sebelum diluncurkan secara komersial.

Perusahaan Omo belum memutuskan kapan akan meluncurkan Peggy ke pasar, mereka baru akan memutuskannya berdasarkan respon publik terhadap uji coba produk tersebut. Sementara dari sisi harga, penjepit baju pintar Peggy ini hanya akan dibanderol puluhan dolar Australia. (Jhon/asr)

Share

Video Popular