Oleh: Franziska Spritzler

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa tidak semua orang memerlukan sarapan pagi. Kenyataannya, lebih baik tidak sarapan pagi daripada sarapan dengan makanan yang tidak sehat. Namun, sarapan pagi dengan makanan yang tepat akan memberi Anda energi dan mencegah Anda terlalu banyak makan sepanjang hari.

Minuman shake yang mengandung protein

Beberapa jenis bubuk protein dapat digunakan, termasuk whey, telur, kedelai dan protein kacang.

Namun, protein whey adalah yang diserap paling cepat oleh tubuh. Protein whey juga yang paling mengurangi nafsu makan dibanding bentuk protein yang lain, sehingga akan sangat mengurangi asupan kalori pada sesi makan berikutnya.

Whey (serum susu) adalah limbah dari produksi keju atau mentega dengan komponen utamanya laktosa (4-7 persen) dan protein (0.6-1.0 per sen).

Protein whey menurunkan kadar gula darah bila kita makan makanan yang mengandung karbohidrat, serta mempertahankan massa otot selama masa program penurunan berat badan.

Terlepas dari jenis bubuk protein yang digunakan, minuman shake yang mengandung protein yang tinggi memberi rasa kenyang yang memuaskan. Tambahkan buah, sayuran, kacang, mentega atau biji-bijian untuk menyediakan serat dan antioksidan pada minuman shake protein Anda.

Catatan penting: Segelas minuman shake atau smoothie protein memberikan sarapan pagi yang mengandung protein yang tinggi yang memberi rasa kenyang dan menstabilkan kadar gula darah.

Buah

Buah dapat menjadi bagian sarapan pagi yang lezat dan bergizi.

Semua jenis buah mengandung vitamin, kalium, serat dan relatif rendah kalori. Secangkir buah cincang menyediakan sekitar 80-130 kalori, tergantung pada jenis buah.

Buah jeruk mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Sebuah jeruk ukuran besar menyediakan lebih dari 100% dari asupan harian vitamin C yang dianjurkan.

Buah ini juga memberi rasa yang sangat kenyang, karena mengandung serat dan kadar air yang tinggi.

Buah yang dimakan bersama dengan telur, keju atau yogurt merupakan sarapan yang seimbang yang akan mendukung aktivitas Anda selama berjam-jam.

Catatan penting: Buah adalah sumber vitamin, kalium dan serat. Buah juga mengandung antioksidan yang mengurangi risiko penyakit.

Benih faxseed

Flaxseed adalah biji/benih dari bunga flax (Linium Usitatissinum) yang tumbuh subur di Amerika dan Kanada. Sepintas, flaxseed mirip sekali dengan biji bunga matahari, warnanya merah kecokelatan, namun ukurannya lebih kecil.

Flaxseed adalah makanan yang sangat sehat. Flaxseed kaya akan serat yang kental, yang memberi rasa kenyang selama beberapa jam setelah makan.

Flaxseed juga meningkatkan kepekaan terhadap insulin dan menurunkan kadar gula darah, serta melindungi tubuh terhadap kanker payudara.

Dua sendok makan flaxseed yang sudah digiling mengandung 3 gr protein dan 4 gr serat.

Coba tambahkan flaxseed ke yogurt, keju atau minuman smoothie untuk meningkatkan kandungan serat dan antioksidan pada sarapan pagi Anda. Smoothie adalah minuman berbahan baku buah, sayuran, sirup gula atau gula pasir, susu tawar cair atau yoghurt atau cokelat atau susu kental manis dan es batu yang diblender dengan tekstur yang lebih pekat dibandingkan jus.

Pastikan Anda memilih flaxseed yang sudah digiling atau Anda menggilingnya sendiri dengan menggunakan coffee grinder[gilingan kopi], karena flaxseed utuh tidak dapat diserap oleh usus dan hanya melewati sistem pencernaan saja karena kulit luar flaxeed sangat keras

Catatan penting: Flaxseed kaya akan serat yang kental, yang memberi rasa kenyang. Flaxseed juga memperbaiki kepekaan terhadap insulin dan menurunkan kadar gula darah.

Keju cottage

Keju cottage adalah keju lembut yang dibuat dari dadih dan memiliki rasa yang asam, yang mengandalkan penggumpalan yang terjadi pada susu hangat dan tidak menambahkan rennet dalam proses pembuatannya. Rennet adalah enzim protease yang menggumpalkan susu supaya terpisah menjadi bagian padat (curds) dab bagian cair (whey).

Keju cottage adalah menu sarapan pagi yang fantastis karena mengandung kadar protein yang tinggi, meningkatkan laju metabolisme, memberi rasa kenyang dan mengurangi ghrelin “si hormon lapar”.

Keju cottage terbukti memberi rasa kenyang yang memuaskan seperti telur. Keju cottage yang sangat berlemak mengandung asam linoleat, yang dapat meningkatkan berat badan.

1 cangkir keju cottage menyediakan 25 gram protein. Tambahkan berry dan flaxeed yang telah digiling atau kacang yang sudah cincang pada keju cottage supaya santapan lebih bergizi.

Catatan penting: Keju cottage mengandung protein yang tinggi, yang memberi rasa kenyang dan meningkatkan laju metabolisme anda.

Mengawali pagi dengan sarapan atau tidak itu adalah pilihan Anda. Jika Anda sarapan di pagi hari, pastikan untuk memulai hari Anda dengan menyantap makanan yang sehat dan padat gizi untuk tubuh Anda.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular