Perjuangan panjang para praktisi Falun Gong Tiongkok menuntut pemerintah untuk memberikan kebebasan berkeyakinan melalui unjuk rasa damai di Zhongnanhai pada 25 April 1999 tidaklah sia-sia.

Beberapa hari menjelang peringatan hari bersejarah tersebut, Presiden Xi Jinping menyelenggarakan rapat kerja nasional di bidang agama dan memutuskan untuk mengubah kebijakan penindasan terhadap keyakinan yang dicanangkan oleh Jiang Zemin.

Dalam rapat kerja, ia mempromosikan penegakan hukum dan membasmi korupsi, dalam sistem politik dan hukum, ia mendorong untuk menghukum para pelaku kejahatan tanpa pandang bulu.

Berbicara soal petisi masyarakat yang belakangan ini terus mengalami peningkatan, dalam rapat kerja itu ia menginstruksikan seluruh jajaran yang berkaitan dengan masalah kepentingan rakyat agar segera bertindak untuk memecahkan tuntutan mereka. Sejumlah inisiatif yang tergolong mencerahkan itu selain sesuai dengan kodrat alam juga berkenan di hati rakyat, adalah hal yang patut mendapat pujian. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular