Oleh : Liang Zhen

Aktor laga internasional Jackie Chan menjadi salah satu titik fokus yang terungkap memiliki 6 buah perusahaan lepas pantai/off shore, tapi hingga kini masih membungkam. Selain itu “Badai Lepas Pantai” yang ditimbulkan oleh Berkas Panama (Panama Papers) telah sekali lagi melanda Hong Kong.

18 orang pembesar dan konglomerat yang baru tertera dalam “ Daftar peringkat”  area Hong Kong – Macao, terungkap memiliki beberapa perusahaan lepas pantai yang hubungannya amat rumit, antara lain orang terkaya Hong Kong Li Ka-Shing, Ketua Hendersen Land Lee Shau Kee, dan beberapa tokoh terkemuka seperti anggota parlemen Hong Kong dari Partai Demokrasi Baru Michael Tien menyampaikan mohon maaf karena belum pernah memberi laporan.

Jackie Chan bertahun-tahun selalu menjadi orang kesayangan dari Front Persatuan dari PKT (Partai Komunis Tiongkok), beberapa kali karena menyampaikan pernyataan yang bernada kontroversial mendukung PKT sehingga menimbulkan amarah masyarakat. Dari dokumen yang terungkap kali ini, jaringan politik-bisnis PKT yang merekrut Jackie Chan dengan modal besar menjalin kemitraan bisnis, termasuk 7 orang kaya dari daratan Tiongkok, empat diantaranya merupakan orang kaya terkemuka.

Superstar Jackie Chan meraih popularitas internasional dengan film Pendekar Mabuk produksi 1978, nama aslinya: Chan Kong Sang. Ia merupakan sebagian kecil aktor etnik Tionghoa yang berhasil menembus Hollywood. Selama bertahun-tahun menghasilkan banyak film terlaris, menjadi pusat perhatian disaat itu. Chan juga sangat aktif dikalangan atas politik-pebisnis daratan Tiongkok, terpilih menjadi anggota Komite Konsultatif Politik Nasional PKT, sering mengeluarkan komentar pro komunis yang menimbulkan kontroversi dan kritikan.

Namun beberapa tahun belakangan ini Chan selalu dihadang dengan masalah-masalah suram. Agustus 2014 lalu, putranya ditangkap di Beijing kerena penggunaan narkoba. Tahun ini untuk kali pertama ia absen dari sidang Liang Hui (Duo Konferensi) di Beijing. Beberapa waktu lalu berturut-turut terjadi masalah dalam produk yang ia promosikan. Dicemooh para netizen sebagai “juru bicara kematian. Bulan lalu ia 3 kali diisukan telah meninggal dunia.

Berkas Panama yang memunculkan nama Jackie Chan, mengungkap kantor pengacara Mossack Fonseca & Co menangani bisnis sedikitnya 6 perusahaan lepas pantai Jackie Chan, direkturnya termasuk Joan Lin istrinya dan Jaycee Chan putranya. Satu diantaranya adalah Dragon Stream Ltd. yang didirikan oleh Jackie Chan dan 9 orang lainnya, diantaranya 7 orang merupakan orang kaya daratan Tiongkok, didirikan pada 2008 di Kepulauan Virgin Inggris, Jackie Chen menjadi pemegang saham terbesar.

Media Hongkong melaporkan, hampir semua politikus yang menjalin hubungan baik dengan Jackie Chan merupakan orang-orang dari grup Jiang Zemin, termasuk orang nomor 2 grup Jiang yakni mantan wakil kepala negara Zeng Qinghong dan adiknya Zeng Qinghuai.

Sebelumnya juga ada laporan menyebutkan, Jackie Chan menjalin hubungan akrab dengan Bo Guagua, putra mantan sekretaris PKT kota Chongqing Bo Xilai yang sekarang telah dijebloskan ke dalam penjara. Jackie Chan pernah terbang ke Inggris khusus untuk mendukung Bo Guagua meraih posisi ketua perhimpunan mahasiswa Oxford university.

Bertahun-tahun Jackie Chan tidak jarang mengeluarkan pernyataan yang memuji-muji penguasa PKT, sehingga menyakiti perasaan warga Hongkong. Misalnya pernah secara terbuka mendukung pemerintah Hongkong yang hendak mengesahkan RUU No. 23 yang dianggap merugikan warga Hongkong, dan juga berkali-kali membela PKT dalam hal menindas HAM dan kebebasan, serta mengeluarkan kata-kata mengritik ormas berkeadilan di Hongkong dan Taiwan.

Ia juga pernah mengeluarkan pernyataan “Bangsa Tionghoa memang harus dikendalikan”, “Hongkong berubah menjadi kota demonstrasi”, “Negara memang kurang keras” dan lain-lain buah pikiran yang tidak benar, menghebohkan penduduk daratan Tiongkok, Taiwan dan Hongkong, sehingga dicitrakan sebagai “Budak PKT.”

Pada Agustus 2013, putra Jacki Chan ditangkap oleh polisi Beijing karena tersangkut masalah narkoba. Pada Januari 2015 ia dijatuhi hukuman 6 bulan penjara. Jackie Chan sebagai orang kesayangan PKT grup Jiang, menurut laporan, dalam upaya melakukan pertolongan terhadap putranya, dengan seribu akal juga tidak berdaya.

Berita putranya ditangkap disiarkan pada hari kedua demo anti pendudukan daerah Zhonghuan, 17 Agustus 2014 di Hongkong. Dilaporkan Jackie Chan telah menolak untuk “memimpin kalangan artis Hongkong” dalam demo yang dirancang dan digerakkan grup Jiang tersebut, sehingga membuat marah grup Jiang, lalu dibalas dengan penangkapan terhadap putranya yang memang pengguna narkoba. (tys/whs/rmat)

Share

Video Popular