Erabaru.net. Dari sudut pandang Pengobatan Tradisional Tiongkok, gejala yang berhubungan dengan telinga terkait dengan sistem ginjal.

Ginjal adalah organ yang bertanggungjawab terhadap struktur tubuh dan merupakan pusat Yin dan Yang.

Setiap sistem organ memiliki komponen sensorik.

Komponen sensorik untuk ginjal adalah pendengaran dan telinga.

Ginjal berhubungan dengan pertumbuhan, perkembangan, kesuburan, dan bahkan usia.

Bila terjadi kerusakan ginjal, salah satu tanda yang paling umum terjadi adalah hilangnya pendengaran atau telinga berdenging (tinnitus).

Jika Anda datang ke klinik dengan masalah telinga berdenging atau kehilangan pendengaran, maka kesehatan sistem ginjal Anda yang akan dibahas.

Terkait masalah telinga mungkin tampak cukup sederhana.

Berikut dalah masalah telinga dari sudut pandang pengobatan Tiongkok:

  • Seiring bertambahnya usia, akan timbul telinga berdenging atau hilangnya pendengaran. Ini pertanda terjadi penurunan fungsi ginjal, atau struktur tubuh, yang menimbulkan gejala pada telinga. Telinga berdenging dapat dikurangi melalui pengobatan tiongkok dengan cara membakar lilin di kedua ujung telinga, yang memakan waktu yang lama. Di samping itu Anda harus berhenti dari pekerjaan yang menimbulkan stres terus menerus karena merusak sistem ginjal.
  • Dari sudut pandang kedokteran Barat, telinga berdenging adalah cara otak untuk mengkompensasi gangguan pendengaran; berusaha keras supaya Anda mendengar. Anggap saja Anda menyalakan sistem stereo dengan volume bunyi yang tinggi tanpa musik. Anda akan mendengar bunyi dengingan, karena speaker berusaha menggenjot untuk mengeluarkan bunyi, tapi tidak ada bunyi yang keluar.
  • Makin berkurangnya pendengaran seiring bertambahnya usia adalah hal yang normal. Hilangnya pendengaran dipercepat akibat paparan terhadap bunyi yang keras, lalu lintas yang berisik, tinggal di dekat bandara, dan terlalu sering duduk di barisan depan menonton konser rock.
  • Mengonsumsi terlalu banyak aspirin menyebabkan telinga berdenging. Hal ini diakibatkan oleh salisilat yang terkandung di dalam aspirin dikeluarkan dari tubuh melalui ginjal, yang menyebabkan kerusakan pada ginjal sehingga mengakibatkan telinga berdenging. Jika konsumsi aspirin dihentikan dan tubuh telah tidak mengandung aspirin lagi, maka telinga akan berhenti berdenging.
  • Tabung eustachian yang tersumbat dapat mengganggu pendengaran. Jika disebabkan oleh pilek atau flu, gangguan pendengaran ini sembuh dalam beberapa hari. Jika terjadi masalah telinga atau sinus kronis, cenderung disebabkan oleh masalah pencernaan yang menyebabkan tubuh memproduksi dahak. Tabung eustachian adalah tabung yang berasal di belakang dari hidung, menelusuri sedikit jalan keatas, dan berakhir di ruang telinga tengah. Ruang telinga tengah adalah bagian yang berlubang dari tulang tengkorak yang mengandung aparatus (piranti) pendengaran dan ditutup pada satu sisi oleh gendang telinga. Pada kaum dewasa, tabung eustachian adalah kira-kira 35 mm panjangnya dan kira-kira 3 mm garis tengahnya. Fungsi utama dari tabung Eustachian adalah untuk ventilasi (menukar udara) ruang telinga tengah, memastikan bahwa tekanannya tetap dekat pada tekanan udara lingkungan yang normal. Fungsi kedua dari tabung Eustachian adalah untuk mengalirkan sekresi apa saja yang terkumpul serta infeksi dari ruang telinga tengah.
  • Telinga bagian dalam merupakan bagian sistem sensorik dari telinga, yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan dan propriosepsi (rasa di mana Anda berada dalam ruang). Pusing dan vertigo adalah masalah telinga bagian dalam yang cenderung didiagnosis sebagai masuk angin pada pengobatan Tiongkok. Pada dasarnya, angin dianggap gerakan ke tempat yang tidak seharusnya, termasuk pusing , vertigo, tremor, berkedut, kesemutan dan mati rasa. Dalam kebanyakan kasus, masuk angin disebabkan oleh berkurangnya Yin ginjal, sehingga terjadi kelembaban pada Yin, yang mengaktifkan Yang untuk memicu gejala tersebut.

Hindari mendengar bunyi yang keras, istirahat yang cukup, hindari stres jangka panjang, banyak makan makanan berwarna gelap hari supaya ginjal anda tetap sehat. (Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular