Oleh: Olga Martinez

Terdapat 22 pewarna rambut kimia beracun yang dilarang di Eropa. Pewarna dan pengawet yang beracun ditemukan dalam pewarna rambut yang mengakibatkan alergi yang parah, iritasi kulit kepala dan paru-paru, artritis rheumatoid dan kanker kandung kemih.

Karena bahan kimia beracun masih ditemukan di beberapa merek pewarna rambut. Penting untuk diketahui bahwa beberapa merek pewarna rambut “alami” juga mengandung beberapa pewarna dan pengawet beracun dalam campurannya, misalnya pada beberapa produk pewarna henna.

Perlu Anda ketahui bahwa kebanyakan pewarna alami tidak akan mengubah warna uban secara total dan drastis. Pewarna alami melapisi kutikula rambut, mencerahkan warna alami rambut dan memberi kesan highlight. Anda harus mewarnai rambut beberapa kali seminggu, dan harus menunggu beberapa minggu sebelum mendapatkan hasil yang Anda dambakan.

1.Henna( untuk menghasilkan rambut warna coklat atau rambut pirang)

Bubuk herbal henna telah digunakan sebagai pewarna rambut selama ratusan bahkan ribuan tahun. Henna adalah pewarna rambut alami yang paling banyak digunakan. Warna coklat-kemerahan adalah warna yang paling bertahan lama. Henna tidak merusak rambut. Campur henna dengan bubuk daun indigofera untuk memberi kesan warna yang lebih gelap.

Cara: Campur bubuk henna dengan 3 sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa (boleh menambahkan telur jika anda inginkan) dalam mangkuk sampai Anda mendapatkan pasta yang halus. Basahi rambut dan oleskan pasta dengan kuas.

Bungkus kepala anda dengan shower cap. Semakin lama henna melekat pada rambut, maka semakin gelap warna rambut. Diperlukan waktu beberapa jam. Kemudian bilas dengan air dan oleskan kondisioner alami, jangan diberi shampoo.

Menambahkan minyak atsiri pada pasta henna

Minyak atsiri mengandung terps oil (monoterpen alkohol) yang menggelapkan dan mempercepat pewarna henna bekerja. Yang paling aman untuk digunakan adalah minyak tea tree (cineaol), minyak geranium (geraniol), minyak kayu putih (mengandung cineol dan terpineol) dan minyak cengkeh (eugenol). Tambahkan beberapa tetes minyak atsiri tersebut ke pasta henna.

2.Teh atau kopi (untuk rambut warna coklat)

Cara: Seduh satu sendok teh kopi dengan satu cangkir air. Biarkan dingin selama setengah jam. Tambahkan dua sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa. Terapkan pada rambut dan bungkus rambut dengan shower cap. Biarkan selama mungkin, minimal setengah jam. Kemudian bilas dengan air dan oleskan kondisioner alami, jangan diberi shampoo.

3. Jus lemon

Cara: Campurkan satu cangkir jus lemon segar dengan secangkir teh camomile (tidak panas). Bilas rambut. Kemudian berjemur di bawah sinar Matahari. Ulangi setiap minggu untuk mendapatkan hasil dalam waktu satu bulan.

4. Bilasan herbal

Anda dapat merebus berbagai daun-daunan, teh dan akar untuk membuat godokan pewarna rambut. Biarkan dingin, saring dan bilaskan ke rambut supaya bersih setiap minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal karena bilasan ini hanya mewarnai kutikula rambut serta melindunginya rambut dari kerusakan yang diakibatkan oleh lingkungan.

Untuk menghasilkan rambut warna coklat

  • Rebus daun sage dan teh rosemary. Dinginkan. Terapkan ke rambut dan biarkan. Jangan dikeringkan dengan handuk. Ulangi beberapa kali untuk mewarnai uban anda.
  • Rebus daun raspberry, peterseli, atau catnip.
  • Rebus teh, kenari dan kopi
  • Rebus cuka sari apel, rosemary dan kopi

Untuk menghasilkan rambut warna pirang

  • Rebus kuma-kuma (saffron), kunyit, calendula (bunga marigold), bunga Mullein
  • Rebus avena sativa (oat jerami), akar licorice dan kunyit
  • Rebus teh chamomile
  • Rebus rhubarb yang dicincang, dinginkan dan saring. Anda juga dapat merendam 3 sendok makan akar rhubarb dalam 2 gelas air mendidih selama 15 menit dan biarkan dingin semalaman. Terapkan pada rambut keesokan harinya.

Untuk menghasilkan rambut warna kemerahan

  • Kopi hitam
  • Air rebusan kembang sepatu warna merah, calendula (bunga marigold), atau kuma-kuma (saffron)
  • Campur setengah cangkir jus bit dengan setengah cangkir jus wortel dan pijat rambut dengan campuran tersebut. Biarkan selama satu jam, kemudian bilas. Ulangi dua kali seminggu untuk mendapatkan warna rambut kemerahan yang alami. (Epochtimes/Vivi/Yant)

Share

Video Popular